Jumlah Tersangka Kudeta Venezuela Bertambah - Waspada

Jumlah Tersangka Kudeta Venezuela Bertambah

  • Bagikan
Sejumlah tersangka kudeta di Venezuela. Redi Guayana

CARACAS, Venezuela (Waspada): Tersangka usaha kudeta gagal di Venezuela bertambah 11 orang pada Minggu (10/5/2020) waktu setempat. Jumlah tersangka kini melebihi 40 orang.

“Tertangkap hari ini, tiga tentara bayaran lainnya di Colonia Tovar,” demikian keterangan Kepala Angkatan Bersenjata Laksamana Remigio Ceballos di Twitter. Beberapa jam kemudian, televisi pemerintah melaporkan personil militer telah menangkap 8 “teroris” tambahan di negara bagian Vargas di pesisir utara.

Penangkapan terjadi setelah 3 orang lainnya yang diduga “tentara bayaran” ditangkap pada Sabtu (9/5/2020), menurut keterangan dari Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

“Kami telah dengan cermat mencari semua pihak yang terlibat dan kami akan menangkap semuanya,” tegas Maduro dalam pidato televisi, dikutip dari AFP Minggu (10/5/2020).

Upaya invasi ini berhasil digagalkan Venezuela pada awal Mei di Macuto, yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Caracas. Secara keseluruhan 45 orang telah ditangkap akibat terlibat serangan ini, dengan 8 penyerang dilaporkan tewas.

Lalu 2 di antara para tahanan adalah mantan tentara AS, Luke Denman (34) dan Airan Berry (41). Mereka dipenjara dengan dakwaan “terorisme, konspirasi, perdagangan gelap senjata perang, dan asosiasi (kriminal)”. Hukuman penjara mereka berkisar antara 25-30 tahun. Sementara itu sejumlah pelaku lainnya adalah warga Venezuela.

Pemerintahan Maduro mengklaim invasi ini adalah bagian dari rencana untuk menyingkirkannya dari kekuasaan, dan memungkinkan oposisi uan Guaido untuk mengambil alih. Guaido sendiri adalah sosok yang diakui sebagai Presiden Venezuela oleh AS dan 60 negara lainnya.

Maduro mengatakan ia yakin Presiden AS Donald Trump terlibat dalam operasi ini, dengan Guaido sebagai kaki tangannya. Namun, Trump membantah keras tudingan itu.

“Jika saya ingin ke Venezuela, saya tidak akan merahasiakannya. Saya akan masuk dan mereka tidak akan melakukan apa-apa. Mereka akan terguling-guling. Saya tidak akan mengirim kelompok kecil. Tidak, tidak, tidak. Itu akan dilakukan sekelompok tentara. Itulah invasi,” kata Trump.

Terlepas dari tuduhan Maduro terhadapnya, Guaido belum didakwa dengan tuduhan tindak kejahatan. (afp/m11)

 

  • Bagikan