Waspada
Waspada » Joe Biden Tunjuk Kamala Harris Sebagai Cawapres
Headlines Internasional

Joe Biden Tunjuk Kamala Harris Sebagai Cawapres

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden (kiri) menunjuk Senator Kamala Harris sebagai Cawapresnya. AP

WASHINGTON, AS (Waspada): Joe Biden resmi menunjuk senator Kamala Harris menjadi Cawapresnya untuk bertarung di Pilpres Amerika Serikat (AS) melawan Presiden Donald Trump. Biden memenuhi janjinya memilih Cawapres dari kaum wanita.

“Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih @KamalaHarris – petarung tak kenal takut dan salah satu pegawai negeri terbaik di negara itu – sebagai pasangan saya,” ujar Biden seperti dilansir AFP, Rabu (12/8/2020).

Biden mengumumkan Kamala Harris sebagai cawapres lewat akun Twitter-nya. Kamala Harris, 55, dinilai dapat menarik pemilih wanita, terutama mereka yang berada di pinggiran AS yang telah menjauh dari Donald Trump yang kembali mencalonkan diri sebagai capres AS.

Harris yang sempat mencalonkan diri untuk pencalonan presiden Demokrat 2020 melawan Biden – mengatakan dia merasa terhormat menjadi cawapres Biden.

“@JoeBiden bisa menyatukan rakyat Amerika karena dia menghabiskan hidupnya berjuang untuk kita. Dan sebagai presiden, dia akan membangun Amerika yang sesuai dengan cita-cita kita,” ucap Kamala Harris.

Wanita keturunan Asia dan Afrika ini memiliki pengalaman kerja yang mencakup anggota di Senat AS dan jaksa agung California, serta jaksa wilayah San Francisco.

Kamala Harris memiliki latar belakang yang beragam, ibunya dari India dan ayah dari Jamaika. Dia sempat berselisih dengan Biden dalam debat utama pertama Juni lalu.

Rekan ideal bagi Biden

Mantan presiden Barack Obama yang juga pernah bermitra dengan Biden di Gedung Putih mengatakan, Biden membuat keputusan ini berdasarkan pertimbangan yang panjang.

“Sekarang Joe memiliki rekan ideal untuk membantunya mengatasi tantangan sangat nyata yang dihadapi Amerika saat ini dan di tahun-tahun mendatang,” kata Obama, dikutip dari AFP, Rabu (12/8/2020).

Dia juga menyebut Harris lebih dari siap untuk menjalankan tugas tersebut. Menurut dia, rekam jejak Harris dan perannya selama ini sangat besar bagi AS.

“Dia menghabiskan kariernya untuk membela Konstitusi kita dan berjuang untuk orang-orang yang membutuhkan keadilan,” kata Obama.

Mantan calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton juga mengaku sangat senang dan menyampaikan selamat kepada Harris. Mantan ibu negara AS itu menyebut penunjukannya sebagai cawapres sebagai momen bersejarah Partai Demokrat.

“Dia sudah membuktikan dirinya sebagai pelayan publik dan pemimpin yang luar biasa. Saya tahu dia akan menjadi mitra yang kuat bagi @JoeBiden,” kata Hillary, dalam cuitan.

Senator asal Vermont Bernie Sanders yang juga pernah menjadi pesaing Biden dan Harris dalam seleksi nominasi presiden Partai Demokrat, memberikan selamat kepada mantan lawannya itu.

“Dia mengerti apa yang diperlukan untuk membela para bpekerja, memperjuangkan (tunjangan) perawatan kesehatan bagi semua,” kata Sanders. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2