Jet Tempur Malaysia Jatuh Saat Latihan, Pilot Tewas - Waspada

Jet Tempur Malaysia Jatuh Saat Latihan, Pilot Tewas

  • Bagikan
Sejumlah orang terlihat di sekitar bangkai pesawat jet tempur Hawk 108 Angkatan Udara Malaysia (RMAF) yang jatuh saat latihan terbang malam. Seorang pilot dilaporkan tewas dalam insiden tersebut. Malay Mail

     KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Sebuah jet tempur Malaysia jatuh saat sedang melakukan misi latihan di pangkalan militer yang ada di Teluk Ayer Tawar, Penang. Dilaporkan satu tentara Angkatan Udara Malaysia (RMAF) tewas dalam insiden ini sementara seorang lainnya luka-luka.

     Seperti dilansir The Star, Rabu (17/11/2021), pilot pesawat yang tewas dalam insiden jatuhnya jet Hawk 108 itu diidentifikasi sebagai Kapten Mohamad Affendi Bustamy.

     Satu lagi tentara yang menjadi kopilot dalam penerbangan latihan itu diidentifikasi sebagai Mayor Mohd Fareez Omar. Dia dilaporkan mengalami luka-luka dan kini tengah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Seberang Jaya.

     Dipahami bahwa kedua tentara Malaysia itu sedang melakukan latihan terbang pada malam hari saat insiden terjadi. Dalam postingan Twitter usai insiden terjadi, Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein menyampaikan belasungkawa untuk keluarga tentara yang tewas.

     Dia menambahkan bahwa dirinya merasa sedih atas insiden tersebut, dan mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan telah memerintahkan penyelidikan menyeluruh atas insiden itu juga untuk membantu keluarga kedua tentara yang menjadi korban.

     Sebelum ini, pihak RMAF mengonfirmasi dalam pernyataannya bahwa insiden ini terjadi pada Selasa (16/11) malam, sekitar pukul 22.07 waktu setempat. Penyebab jatuhnya jet tempur Malaysia itu belum diketahui secara jelas.

     “RMAF mengonfirmasi telah terjadi kecelakaan melibatkan jet tempur HAWK milik RMAF di landasan pangkalan udara Butterworth sekitar pukul 22.07 waktu setempat pada 16 November,” demikian pernyataan RMAF. (the star/m11)

  • Bagikan