Waspada
Waspada » Jelang Pelaksanaan Haji, Saudi Batasi Akses Ke Tanah Suci
Internasional

Jelang Pelaksanaan Haji, Saudi Batasi Akses Ke Tanah Suci

Suasana Tanah Suci, Makkah jelang pelaksanaan ibadah haji terbatas tahun ini. Pemerintah setempat pada Minggu (19/7/2020) telah memberlakukan peraturan yang membatasi akses di Kota Makkah sebagai Langkah antisipasi penyebaran virus corona. Arab News

MAKKAH, Arab Saudi (Waspada): Pemerintah Arab Saudi membatasi akses ke tempat-tempat pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah, yakni Mina, Muzdalifah, dan Arafah, mulai Minggu (19/7/2020).

Hanya petugas atau pihak yang berizin bisa memasuki tempat-tempat tersebut, sebagai langkah pengetatan untuk mencegah penyebaran virus corona saat pelaksanaan haji yang jatuh pada akhir bulan ini.

Siapa saja yang tak bisa menunjukkan izin untuk memasuki tiga tempat suci itu akan diminta putar balik.

Sebelumnya seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, pembatasan akses masuk mulai berlaku sejak tanggal 28 Zulqo’dah hingga 12 Zulhijjah.

Siapa saja yang memasuki tempat-tempat tersebut tanpa izin akan dikenakan denda sebesar 10.000 riyal atau sekitar Rp38 juta. Besaran denda akan dilipatgandakan sesuai jumlah pelanggaran.

Tahun ini pemerintah Saudi membatasi jumlah jamaah haji terkait wabah Covid-19, yakni maksimal 10.000 orang. Perinciannya, 70 persen bagi warga asing yang sudah berada di Saudi dan sisanya penduduk lokal.

Setiap jamaah harus memenuhi syarat, yakni berusia maksimal 50 tahun, lulus pemeriksaan kesehatan, menjalani karantina, serta diprioritaskan mereka yang belum pernah melaksanakan haji. (Saudi gazette/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2