Jelang Lengser, Angka Pencapaian Trump Buruk - Waspada

Jelang Lengser, Angka Pencapaian Trump Buruk

  • Bagikan
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakhiri masa kepresidenannya dengan diiringi pencapaian buruk dan sebagai salah satu presiden paling tidak populer dalam sejarah AS. Reuters

WASHINGTON, AS (Waspada): Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersiap meninggalkan Gedung Putih, Rabu (20/1/2021) pagi waktu setempat, dengan diiringi pencapaian buruk.

Trump akan mengakhiri kepresidenannya sebagai salah satu presiden paling tidak populer dalam sejarah AS.

Survei terakhir oleh Gallup yang dirilis pada Senin (18/1/2021) menunjukan, hanya 34 persen warga AS yang puas dengan kinerja presiden 74 tahun itu.

Angka kepuasan Trump ini adalah yang terendah sejak suami Melania tersebut berkuasa di “Negeri Paman Sam”.

Kepuasan terhadap Trump anjlok 12 persen sejak Pilpres 3 November lalu. Itu karena penolakan yang ia lontarkan terhadap hasil Pemilu.

Rating Trump juga merosot buntut dari  penyerbuan Capitol Hill dan pemakzulan kedua terhadapnya. Angka ini sama dengan tingkat kepuasan terhadap mantan presiden Jimmy Carter dan George W Bush.

Rekor tingkat kepuasan paling rendah di akhir masa jabatan masih dipegang Harry Truman yaitu 32 persen.

Rataan tingkat kepuasan terendah Trump mencatat rekor Gallup sebagai presiden dengan rataan tingkat kepuasan terendah.

Tercatat hanya 41,1 persen yang puas dengan empat tahun masa kepresidenan Trump. Angka ini memecahkan 68 tahun rekor terburuk yang dipegang Truman yaitu 45,4 persen.

Selama berkuasa, presiden berusia 74 tahun itu tidak pernah popular. Hal ini ditunjukkan dengan kegagalannya melewati angka kepuasan 50 persen.

Tingkat kepuasan tertinggi terhadap Trump adalah 49 persen pada awal tahun 2020 ketika dia dinyatakan tidak bersalah oleh Senat AS, dan pada masa awal penyebaran pandemi Covid-19.

Taipan real estate ini adalah satu-satunya presiden yang tidak pernah melewati angka kepuasan 50 persen, sejak Gallup melakukan survei tingkat kepuasan pada 1938.

Trump juga menjadi Presiden AS dengan tingkat polarisasi paling tinggi. Hanya 7 persen pendukung Partai Demokrat yang puas dengan kinerja Presiden Republikan ini.

Angka itu adalah yang terendah, lebih buruk dari 11 persen pendukung Partai Republik yang puas dengan kinerja Presiden Demokrat Barack Obama.

Meski begitu, pendukung Partai Republik tetap loyal terhadap Trump dengan 88 persen menyatakan puas dengan kinerjanya.

Angka ini konsisten selama Trump memimpin AS. Tingkat kepuasan dari partainya tercatat paling rendah 77 persen.

Dengan demikian, tidak mengejutkan jika Trump gagal memenangkan periode kedua kepresidenan.

Trump hanya konsisten populer di mata pendukung partainya. Dia kesulitan mendapatkan dukungan dari pemilih Demokrat dan independen.

Hanya 37 persen pemilih independen yang puas dengan empat tahun masa bakti Trump di Gedung Putih. (gallup/reuters/m11)

 

  • Bagikan