Waspada
Waspada » Jelang Haji, Otoritas Makkah Ganti Kiswah Ka’bah
Internasional

Jelang Haji, Otoritas Makkah Ganti Kiswah Ka’bah

Otoritas Makkah mengangkat bagian bawah kain kiswah penutup Ka'bah menjelang pelaksanaan ibadah haji pada Rabu (22/7/2020). Reasahalharmain

MAKKAH, Arab Saudi (Waspada): Otoritas Makkah mengangkat bagian bawah kain kiswah penutup Ka’bah menjelang pelaksanaan ibadah haji.

Proses itu dilakukan pada menit-menit pertama bulan Dzulhijjah yang jatuh pada Rabu (22/7/2020).

Proses ini biasanya dilakukan berhari-hari sebelum jamaah haji menuju ke tempat-tempat suci untuk memulai ibadah haji mereka.

Sekitar 50 orang dari kerajaan didampingi oleh Presiden Jenderal untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Abdul Rahman Al-Sudais, mengawasi prosesi pengangkatan sebagian kain kiswah untuk diganti kain lain.

Setiap tahun, penjaga pintu Ka’bah membawa tugas khusus untuk mengganti kain kiswah yang berwarna hitam yang disulam dengan emas.

Kain kiswah terbuat dari sekitar 670 kilogram sutra yang berwarna hitam, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak. Ayat-ayat Alquran dijahit pada kain hitam dengan benang berlapis emas tersebut.

Pihak berwenang di Makkah telah menetapkan beberapa pedoman kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan secara terbatas. Arab Saudi hanya menerima 10 ribu jamaah haji di masa pandemi ini.

https://www.instagram.com/p/CC650I3AtEm/?utm_source=ig_web_copy_link

Inspeksi menyeluruh

Di lain kesempatan, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr Muhammad Saleh Benten mengadakan tur inspeksi fasilitas dan pengaturan yang dibuat untuk jamaah haji di Makkah dan sejumlah tempat suci.

“Rencana yang komprehensif dan mudah dilaksanakan akan diimplementasikan oleh badan keamanan, kesehatan dan layanan,” ujar Menteri Benten dilansir di Saudi Gazette, Rabu (22/7).

Rencana tersebut termasuk penyediaan layanan kesehatan terbaik, serta pengendalian kerumunan yang paling tepat. Dua layanan ini dilaksanakan secara ketat dan sejalan dengan tindakan pencegahan serta protokol Covid-19 yang dirumuskan oleh Kementerian Kesehatan Saudi.

Dalam inspeksi tersebut, Menteri Haji dan Umroh ini memeriksa pengaturan dan fasilitas sambutan dan akomodasi jamaah di Four Point Hotel di Makkah.

Asisten Komandan Pasukan Keamanan Haji untuk Masjidil Haram dan bangunannya, Mayjen Mohammed Bin Wasl Al-Ahmadi, mengatakan rencana keamanan untuk haji tahun ini berfokus pada aspek organisasi, keamanan, kemanusiaan dan Kesehatan. (saudi gazette/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2