Waspada
Waspada » Israel Gempur Suriah
Internasional

Israel Gempur Suriah

Roket Israel menghantam sebuah lokasi yang diduga sebagai tempat persembunyian kelompok Jihad Islam di Jalur Gaza. Israel menggempur Gaza dan Suriah sebagai respons atas serangan yang mereka terima. Getty Images

TEL AVIV, Israel (Waspada): Israel melancarkan serangan udara ke basis kelompok militan Jihad Islam di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, Senin (24/2/2020) dini hari. Serangan tersebut sebagai respons atas tembakan puluhan roket yang diluncurkan kelompok perlawanan Palestina Jihad Islam dari Jalur Gaza.

Militer Israel menyatakan dalam keterangannya, jet-jet tempur menyerang target Jihad Islam di selatan Damaskus. “Wilayah Adeliyah, di luar Damaskus, pusat aktivitas Jihad Islam di Suriah, kompleks Jihad Islam diserang,” bunyi pernyataan militer Israel, seraya menambahkan sejumlah serangan juga dilakukan ke Gaza.

Kelompok yang beraktivitas di Suriah dan Jalur Gaza ini meluncurkan lebih dari 20 roket ke Israel pada Minggu. Sementara itu pasukan Suriah mengklaim berhasil merontokkan beberapa rudal yang ditembakkan dari jet tempur Israel.

Menurut laporan kantor berita Suriah, SANA, sebagian besar rudal Israel ditembak jatuh sebelum mencapai target. Laporan AFP menyebutkan, beberapa ledakan keras terdengar di Damaskus lepas tengah malam.

Lembaga Pemantau HAM Suriah, organisasi HAM yang berbasis di London, Inggris, menyatakan, serangan juga terjadi di dekat bandara internasional Damaskus, tanpa menyebut adanya korban.

Sejak dimulainya konflik Suriah pada 2011, Israel telah melancarkan ratusan kali serangan ke Suriah, menargetkan pasukan pemerintah, pasukan Iran, serta pejuang Hizbullah. Iran merupakan sekutu dekat Presiden Suriah Bashar Al Assad yang mendirikan basis militer di sana, di samping juga Rusia. Kelompok Jihad Islam juga didukung Iran. (afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2