Inggris Tak Pedulikan Tenggat Waktu Brexit Dari Uni Eropa - Waspada

Inggris Tak Pedulikan Tenggat Waktu Brexit Dari Uni Eropa

  • Bagikan

LONDON, Inggris (Waspada): Inggris seolah tak memedulikan peringatan Uni Eropa (UE) soal tenggat waktu kesepakatan pasca-Brexit. Negara itu memilih angkat bahu, “terserah”.

Inggris menegaskan bahwa mereka lebih memilih meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan dagang daripada mengompromikan kemerdekaan mereka di saat UE tidak memberi kabar kemajuan apapun.

Melansir The New Daily, Minggu (20/12/2020) dalam waktu kurang dari 2 pekan, sebelum Inggris meninggalkan “orbitnya” di Uni Eropa, kedua belah pihak menuntut satu sama lain untuk bergerak mencapai terobosan dan melindungi perdagangan senilai hampir 1 triliun dollar Amerika Serikat (AS).

“Kami perlu mendapatkan kesepakatan apa pun dengan benar dan berdasarkan persyaratan yang menghormati apa yang dipilih oleh orang Inggris,” ungkap keterangan pemerintah Inggris.

“Sayangnya, UE masih berjuang untuk mendapatkan fleksibilitas yang dibutuhkan dari negara anggota dan terus mengajukan tuntutan yang tidak sesuai dengan kemerdekaan kami.”

Sejak Inggris meninggalkan UE pada Januari lalu, diskusi menjadi alot dan menemui kebuntuan pada 2 isu; pertama, soal hak penangkapan ikan di perairan Inggris yang menciptakan isu kedua yakni aturan main persaingan yang adil antara kedua belah pihak.

Baik Inggris maupun UE harus mendapatkan persetujuan apa pun dari parlemen mereka dengan kesimpulan yang diharapkan sudah ada sebelum Natal.

Negosiator dari Uni Eropa, Michel Barnier mengatakan pada Jumat bahwa “hanya beberapa jam” tersisa untuk mencapai kesepakatan perdagangan pasca-Brexit.

Barnier mengakui bahwa akan sulit bagi pihaknya untuk membalas jika Inggris menaikkan standar produksi demi memenangkan keunggulan kompetitif produknya.

Atau, jika tiba-tiba Inggris memotong akses nelayan Eropa di perairannya di masa mendatang. Untuk itu, Parlemen Eropa pada hari Sabtu mengulangi seruannya agar kesepakatan dicapai paling lambat akhir pekan ini, supaya ada waktu untuk meratifikasi kesepakatan dengan benar. (new daily/m11)

  • Bagikan