Hujan Deras Picu Banjir Longsir Di Kanada - Waspada

Hujan Deras Picu Banjir Longsir Di Kanada

  • Bagikan
Hujan tanpa henti yang mengguyur wilayah pantai Pasifik di Kanada memicu longsor yang membawa bebatuan dan puing-puing memenuhi ruas jalan raya utama. CDC

     MONTREAL, Kanada (Waspada): Hujan tanpa henti yang mengguyur wilayah pantai Pasifik di Kanada memicu longsor yang membawa bebatuan dan puing-puing memenuhi ruas jalan raya utama. Ratusan pengendara terjebak di dalam kendaraan mereka akibat situasi ini.

     Di salah satu kota setempat, evakuasi terpaksa dilakukan akibat banjir yang menerjang pada Senin (15/11) waktu setempat. Demikian seperti dilansir AFP, Selasa (16/11/2021).

     Sekitar 275 orang terjebak semalaman di dalam mobil mereka setelah dua longsoran lumpur memblokir ruas Highway 7 di dekat kota Aassiz, British Columbia.

     Sejak Senin pagi, Menteri Keselamatan Publik, Mike Farnworth, menyebut longsor yang terjadi di dekat Lillooet dan Haig membuat lebih banyak pelancong terjebak.

      Di kota Merritt, yang berjarak 300 kilometer dari pantai, perintah evakuasi diterbitkan untuk semua warga, yang berjumlah 7.000 orang, setelah banjir merusak instalasi pengelolaan air limbah dan menghanyutkan dua jembatan. Barikade dipasang utnuk membatasi akses ke kota tersebut.

     Fanworth menyatakan bahwa kru pencari dan penyelamat dikerahkan untuk membebaskan orang-orang yang terjebak berjam-jam tanpa makanan maupun air minum. Setidaknya ada 80-100 mobil yang terjebak di ruas jalan raya Highway 7.

     “Banyak orang telah diselamatkan oleh helikopter dari longsoran lumpur di dekat Agassiz dan Hope dengan para petugas berupaya menyelamatkan orang-orang yang tersisa dalam beberapa jam ke depan,” tuturnya.

     Ditambahkan Fanworth bahwa orang-orang yang terjebak di dalam 50 kendaraan usai longsor menerjang Lillooet semuanya telah diselamatkan. Upaya-upaya untuk menyelamatkan sejumlah orang lainnya di Haig masih berlangsung.

    Rekaman video menunjukkan sebuah helikopter militer mendarat di tengah jalan raya yang dipenuhi timbunan lumpur dan puing-puing. Helikopter militer itu dikerahkan untuk mengevakuasi pengendara yang terjebak.

     Layanan kesehatan darurat British Columbia menyatakan pihaknya mengangkut sembilan orang yang mengalami luka ringan ke rumah sakit setempat, dari lokasi longsor Agassiz. Pusat-pusat darurat didirikan untuk menampung warga yang mengungsi.

     “Tolong tetap aman,” imbau Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau dalam pesan via Twitter. “Kami siap memberikan bantuan apapun yang dibutuhkan saat Anda menghadapi dan memulihkan diri dari banjir dan cuaca ekstrem ini,” imbuhnya. (afp/m11)

  • Bagikan