Waspada
Waspada » Harry-William Akrab Di Pemakaman Pangeran Philip
Internasional

Harry-William Akrab Di Pemakaman Pangeran Philip

Pangeran William dan adiknya, Pangeran Harry, berjalan berdampingan di pemakaman Pangeran Philip di Kapel St George, Kastil Windsor, Sabtu (17/4/2021) waktu setempat. Reuters

WINDSOR, Inggris (Waspada): Pemakaman Pangeran Philip di Kapel St George, Kastil Windsor, Sabtu (17/4/2021) waktu setempat, menjadi momen pertemuan dua bersaudara Pangeran William dan adiknya, Harry.

Hubungan mereka dirumorkan retak sejak Pangeran Harry dan istrinya, Meghan markle, memilih keluar dari tugas mereka sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris, untuk memulai hidup sebagai rakyat biasa di California, Amerika Serikat.

Bukan hanya itu, dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, Meghan mengatakan ada keluarga kerajaan yang berlaku rasis kepada putranya, Archie, soal warna kulit.

Pemakaman Duke of Edinburgh merupakan momen pertama pertemuan kedua bersaudara sejak Harry pindah ke AS.

Berbeda dengan saat pemakaman ibu mereka, Putri Diana, pada 1997 di mana keduanya berjalan berdampingan, kali ini William dan Harry dipisahkan oleh sepupu mereka, Peter Philips.

Namun spekulasi hubungan keduanya retak seolah terbantahkan setelah mereka terlihat berbicara usai prosesi pemakaman di Kapel St George. Bahkan Harry juga berbicara dengan istri William, Kate. Tak diketahui apa yang mereka bicarakan saat itu, namun terlihat cukup akrab.

Hanya 30 pelayat yang hadir dalam pemakaman Philip di kapel terkait pembatasan pandemi Covid-19 di Inggris. Kebaktian dimulai pukul 15.00 waktu setempat. Perdana Menteri Boris Johnson memimpin mengheningkan cipta selama 1 menit, bersama jutaan warga Inggris.

Ratu Elizabeth II mengucapkan selamat tinggal kepada mendiang suaminya. Mengenakan pakaian hitam serta masker hitam dia berdiri sendiri sambil menundukkan kepala.

Elizabeth dan Philip sudah menikah selama 73 tahun, 5 tahun sebelum diangkat menjadi Ratu Inggris. Topi dan pedang Angkatan Laut diletakkan di atas peti mati, di atas bendera menampilkan lambang Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh serta garis keluarga Mountbatten. (ap/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2