Waspada
Waspada » Haji 2021 Jamaah Akan Dilengkapi Kartu Pintar Baru Yang Lebih Canggih
Internasional

Haji 2021 Jamaah Akan Dilengkapi Kartu Pintar Baru Yang Lebih Canggih

JEDDAH, Arab Saudi (Waspada): Di musim haji tahun 2021, para jamaah akan dilengkapi dengan kartu pintar baru.

Kartu itu diluncurkan sebagai bagian dari upaya Kementerian Haji dan Umroh untuk memudahkan pelayanan bagi jamaah menggunakan fitur teknologi canggih.

Dilansir dari Arab News, Selasa (29/12/2020), Kementerian tersebut meluncurkan platform dan kartu pintar haji sebagai bagian dari Forum Budaya Makkah tahun ini, yang diadakan dengan judul, How to be an Example in the Digital World atau Menjadi Contoh dalam Dunia Digital.

Adapun kartu ID pintar akan berisi barcode yang menyimpan informasi pribadi, medis, tempat tinggal, dan juga akan membantu memandu jamaah ke tempat tinggal mereka di Mashaer melalui kios yang didistribusikan di seluruh area. Kartu pintar mengandalkan teknologi komunikasi jarak dekat.

Ini membuat kartu dapat dibaca melalui perangkat self-service yang digunakan di Mashaer. Peluncuran kartu pintar tersebut mengikuti pembagian 50 ribu smart card kepada jamaah haji selama dua tahun lalu.

Kartu pintar akan dikelola melalui pusat kendali terpadu untuk semua layanan dengan partisipasi pemerintah dan lembaga sipil.

Sebelumnya, Otoritas Arab Saudi telah membuka kembali penyelenggaraan ibadah umroh secara bertahap. Ada tiga tahap yang disiapkan. Pada tahap pertama dan kedua, Saudi mengizinkan warga lokal melaksanakan haji kecil itu.

Menteri Haji dan Umrah Mohammed Arab Saudi Saleh Benten mengatakan, kesehatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama bagi Kerajaan di tengah masih mewabahnya pandemi Covid-19.

Perangkat ini mengandalkan teknologi komunikasi jarak dekat yang membuat kartu dapat dibaca melalui perangkat layanan mandiri di Holy Mashaer.

Pada musim haji 2 tahun lalu, otoritas Saudi membagikan 50.000 kartu pintar kepada jemaah.

Kesamaannya dengan kartu pintar sebelumnya, produk terbaru ini juga diatur melalui pusat kendali terpadu yang dijalankan bersama oleh pemerintah dan lembaga swasta. (arab news/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2