Waspada
Waspada » Gempa 5,7 Magnitudo Tewaskan 9 Orang Di Turki
Internasional

Gempa 5,7 Magnitudo Tewaskan 9 Orang Di Turki

Seorang pria menggotong anak kecil yang menjadi korban gempa di Turki. AP

ANKARA, Turki (Waspada): Gempa berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang Turki tepatnya di perbatasan Turki-Iran dekat dengan Habash, Iran. Sembilan orang dinyatakan tewas karena gempa ini.

Dilansir AFP, Senin (24/2/2020) Gempa ini terjadi pada 09.23 waktu setempat, Minggu (23/2), di dekat desa Iran Habash-e Olya, kurang dari 10 kilometer dari perbatasan Turki-Iran. Gempa itu memiliki kedalaman enam kilometer.

Gempa juga dirasakan di beberapa wilayah Turki. Salah satunya di Provinsi Van yang berada di perbatasan Iran. Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu mengatakan sembilan orang tewas. Empat orang di antaranya adalah anak-anak.

Beberapa orang lainnya terjebak di reruntuhan bangunan dan dalam proses evakuasi. “Upaya pencarian dan penyelamatan sedang berjalan,” kata Soylu, seperti dilaporkan AFP.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan, selain korban tewas ada 21 lainnya yang mengalami luka, delapan di antaranya dalam kondisi serius. Sementara itu juru bicara layanan darurat Iran Mojtaba Khaledi mengatakan, 25 warganya mengalami luka akibat gempa tersebut.

Selain itu banyak bangunan di empat perkampungan Provinsi Azerbaijan Barat hancur. “Kami sekarang memiliki (data), tidak ada warga yang terperangkap di bawah puing-puing,” kata Soylu.

Gambar menghancurkan beberapa rumah warga. Hingga kini petugas dari otoritas Turki sudah mengevakuasi beberapa warga di desa Gurpinar yang tertimpa reruntuhan rumah akibat gempa ini. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2