Waspada
Waspada » Erupsi Gunung Taal Paksa Puluhan WNI Mengungsi ke KBRI
Internasional

Erupsi Gunung Taal Paksa Puluhan WNI Mengungsi ke KBRI

Warga Filipina menyaksikan meletusnya Gunung Taal dari kejauhan. Vatican News

MANILA, Filipina (Waspada): Pada Rabu (15/1/2020) pagi waktu setempat, sebanyak 76 warga negara Indonesia (WNI) ditampung oleh Kedutaan Besar RI di Manila, Filipina, sebagai dampak letusan Gunung Taal di Filipina pada Selasa malam.

Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangannya menjelaskan ke-76 WNI itu dalam kondisi sehat. KBRI di Manila, Filipina mengimbau agar WNI tetap waspada dan apabila terjadi kondisi darurat segera menghubungi KBRI agar segera ditangani.

“Berdasarkan pantauan terbaru di area lokasi gunung Taal, pasokan listrik dan air bersih belum tersedia. Petugas pun masih berupaya untuk memperbaiki gardu-gardu yang rusak,” tulis Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Rabu.

Sebelumnya pada Selasa malam, lava gunung taal menyembur sekitar 800 meter ke langit. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina segera menyarankan evakuasi warga yang tinggal dalam radius 14 km dari Gunung Taal. Pemerintah Filipina pun telah mendesak 450.000 warganya untuk menyelamatkan diri sejak Minggu.

Sekitar 50 gempa vulkanik terdeteksi dalam durasi beberapa jam. Pemerintah Filipina memperingatkan pesawat untuk menghindari area udara sekitar Gunung Taal karena kondisi udara dan juga serpihan balistik dari letusan sangat berbahaya. (the independent/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2