Waspada
Waspada » Eropa Jadi Pusat Pandemik Corona
Internasional

Eropa Jadi Pusat Pandemik Corona

Petugas medis di sebuah rumah sakit di Italia merawat pasien yang terinfeksi virus corona. Reuters

JENEWA, Swiss (Waspada): Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pusat pandemi virus corona kini ada di kawasan Eropa. Jumlah kasus dan kematian akibat corona di kawasan Eropa diketahui lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya.

“Eropa sekarang telah menjadi pusat pandemi, dengan lebih banyak kasus dan kematian dilaporkan dibandingkan negara-negara lainnya di seluruh dunia, terlepas dari China,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. “Lebih banyak kasus sekarang dilaporkan setiap harinya daripada (kasus) yang dilaporkan di China pada puncak wabah ini,” imbuhnya.

WHO bahkan menyebut jumlah kasus baru virus corona di Eropa kini melebihi jumlah kasus baru di wilayah China daratan. Data terbaru dari WHO, Minggu (15/3/2020) melaporkan total 152,428 kasus virus corona kini tersebar di sedikitnya 141 negara dan wilayah.

Dari jumlah itu, untuk kasus terbanyak, yakni 81.048 kasus, terkonfirmasi di wilayah China daratan. Italia menjadi negara kedua setelah China dengan kasus terbanyak, yakni mencapai 21.157 kasus.

Data WHO juga menyebut bahwa sejauh ini, sedikitnya 5.720 orang meninggal dunia akibat virus corona secara global. Korban meninggal terbanyak ada di wilayah China daratan, dengan 3.204 orang meninggal. Kemudian 1.441 orang lainnya meninggal dunia di Italia.

Sementara itu, jumlah pasien virus corona yang dinyatakan sembuh secara global dilaporkan mencapai 67.003 orang dengan mendasarkan pada laporan Johns Hopkins University di Amerika Serikat.

Jumlah ini tidak terkonfirmasi secara pasti, karena tidak semua negara melaporkan jumlah pasien sembuh di wilayahnya. Otoritas kesehatan China sejauh ini mengumumkan 65.541 pasien virus orona di wilayahnya telah sembuh. (ap/afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2