Eks Gubernur New York Didakwa Dengan Kejahatan Seksual

  • Bagikan
Mantan gubernur New York Andrew Cuomo pada Kamis (28/10/2021) waktu setempat didakwa dengan kejahatan seksual ringan karena menyentuh secara paksa 11 perempuan. AP

     NEW YORK, AS (Waspada): Mantan gubernur New York Andrew Cuomo pada Kamis (28/10/2021) waktu setempat didakwa dengan kejahatan seksual ringan karena menyentuh secara paksa, kata juru bicara pengadilan.

     Dakwaan itu adalah yang pertama diajukan sejak Andrew Cuomo dipaksa mengundurkan diri tahun ini menyusul serangkaian tuduhan pelecehan seksual.

     “Sebuah pengaduan pelanggaran ringan terhadap mantan gubernur Andrew Cuomo telah diajukan di Pengadilan Kota Albany,” kata Lucian Chalfen, juru bicara pengadilan negara bagian New York, yang menggambarkannya sebagai kejahatan seksual.

     Pengaduan itu menuduh Cuomo menempatkan tangannya di blus korban dan menyentuh payudara kirinya pada Desember 2020. Aduan diajukan oleh kantor sheriff Albany County atas nama negara bagian New York.

     Pengadilan kota Albany mengeluarkan surat panggilan yang memerintahkan pria 63 tahun itu untuk hadir di pengadilan pada 17 November mendatang, pukul 14.30 waktu setempat.

     Andrew Cuomo mengundurkan diri pada Agustus setelah Jaksa Agung New York, Letitia James, mengeluarkan laporan yang tidak bersifat kriminal, menyimpulkan bahwa dia melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan, termasuk mantan staf.

     “Sejak kantor saya menerima rujukan untuk menyelidiki tuduhan bahwa mantan gubernur Andrew Cuomo melecehkan banyak perempuan secara seksual, kami melanjutkan tanpa rasa takut atau bantuan,” kata James dikutip dari AFP.      

     “Tuntutan pidana yang diajukan hari ini terhadap Bapak Cuomo karena menyentuh secara paksa lebih lanjut memvalidasi temuan dalam laporan kami,” tambahnya.

     Cuomo dengan keras membantah tuduhan itu dan mengklaim dia adalah korban dari dendam politik. Andrew Cuomo tahun lalu sempat dipuji secara nasional tahun berkat penanganannya terhadap virus corona.

     Menyentuh secara paksa adalah pelanggaran kelas A yang dapat diancam hukuman hingga satu tahun penjara di Amerika Serikat. (afp/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *