Waspada
Waspada » DPR AS Akan Membatasi Aksi Militer Trump Terhadap Iran
Internasional

DPR AS Akan Membatasi Aksi Militer Trump Terhadap Iran

Jetua DPR AS Nancy Pelosi. Huff Post

WASHINGTON, iNews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) akan melakukan voting untuk membuat resolusi kekuatan perang. Resolusi ini akan membatasi kewenangan kepada Presiden Donald Trump dalam menggunakan kekuatan militer terhadap Iran.

Langkah ini diambil terkait keputusan Trump membunuh komandan pasukan elite Quds, Garda Revolusi Iran, Qasem Soleimani, dalam serangan drone di Bandara Internasional Baghdad, Irak, Jumat pekan lalu.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan, lembaganya akan mengajukan sekaligus melakukan voting guna membatasi aksi militer Trump. Hal serupa juga diusulkan di Senat. “Resolusi ini sama dengan yang diperkenalkan oleh Senator Tim Kaine di Senat,” kata Pelosi, dikutip dari Reuters, Senin (6/1/2020).

Menurut dia, resolusi ini akan menegaskan kembali tanggung jawab pengawasan yang dilakukan Kongres. Jika tidak ada aksi lebih lanjut dari Kongres, permusuhan militer dengan Iran akan ditangguhkan dalam 30 hari.

Resolusi itu sepertinya akan mudah disetujui oleh mayoritas DPR mengingat sebagian besar anggotanya merupakan politikus Partai Demokrat. Namun berbeda halnya dengan Senat, yang dikendalikan oleh Republik, partainya Trump. Apalagi banyak anggota Senat dari Republik yang mendukung langkah Trump terhadap Iran.

Sebelumnya Trump mengancaman akan menghancurkan 52 lokasi di Iran jika negara itu nekat membalas tewasnya Soleimani. Pernyataan balas dendam Iran terhadap AS di antaranya disampaikan pemimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei dan mantan komandan Pasukan Garda Revolusi.

Tak hanya militer Iran yang akan membalas, milisi pro-Syiah yang tersebar di berbagai negara Timur Tengah juga siap menyerang kepentingan AS di kawasan. Di antaranya, Kelompok Hizbullah dari Lebanon siap menyerang Israel. (reuters/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2