Waspada
Waspada » Dokter Pengungkap Virus Corona Meninggal
Internasional

Dokter Pengungkap Virus Corona Meninggal

Li Wenliang

BEIJING, China (Waspada): Dokter asal Kota Wuhan, Li Wenliang, meninggal dunia pada Jumat (7/2/2020). Ia dikenang sebagai sosok pahlawan dalam melawan virus corona.

Dia adalah orang pertama di China yang memperingatkan ancaman virus corona setelah mendapati seorang pasien yang mengalami gejala mirip sindrom pernapasan akut SARS. Li dinyatakan meninggal oleh Rumah Sakit Pusat Wuhan melalui unggahan di akun Weibo pada Jumat pukul 02.58 dini hari waktu setempat.

Seperti dilansir The Straits Times, Li mengaku telah didiagnosis terinfeksi virus corona akibat tertular dari pasien. Saat itu dia menegaskan akan kembali bekerja setelah pulih. Namun pada Rabu (5/2/2020), kondisinya malah memburuk. “Saya merasa tidak enak badan beberapa hari terakhir. Semakin sulit bernapas,” kata Li.

Nama Li menjadi perhatian nasional setelah Pengadilan Tinggi China pada 28 Januari karena mengritik kepolisian Wuhan yang memproses Li dan delapan orang karena menyebarkan rumor tentang virus mirip SARS pada akhir Desember 2019.

Komentar di akun media sosial Mahkamah Agung China mengungkap, delapan warga Wuhan itu seharusnya tidak dihukum karena mereka tidak sepenuhnya bersalah.

Semua berawal pada 30 Desember, Li mengirim pesan melalui grup WeChat alumni sekolah kedokteran memperingatkan bahwa departemen oftalmologi rumah sakitnya mendapati tujuh pasien yang didiagnosis mengalami gejala seperti SARS. Ketujuh orang itu mengaku baru berpergian ke pasar sea food di Wuhan.

Pesan itu pun bocor lalu Li dipanggil oleh rumah sakit untuk dimintai keterangan. Pada 3 Januari, dia dipanggil oleh kepolisian setempat karena diduga menyebarkan rumor melalui online dan mengganggu ketertiban sosial.

“Lebih penting bagi orang untuk mengetahui kebenaran. Keadilan tak penting bagi saya,” tuturnya. Dia pun dinyatakan positif terinfeksi pada 1 Februari 2020 dan sejak itu kondisinya memburuk. (straits times/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2