Waspada
Waspada » Dibuka Kembali, Puluhan Ribu Jamaah Padati Masjid Nabawi
Internasional

Dibuka Kembali, Puluhan Ribu Jamaah Padati Masjid Nabawi

Puluhan ribu jamaah menunaikan shalat fardu di Masjid Nabawi, Minggu (31/5/2020). Saudi Gazette

MADINAH, Arab Saudi (Waspada): Setelah ditutup selama dua bulan akibat wabah virus corona (Covid-19), Masjid Nabawi di Madinah akhirnya dibuka kembali pada Minggu.

Dilansir laman Saudi Gazette, Selasa (2/6/2020), saat masjid dibuka kembali, tercatat total ada 93.774 jamaah langsung berbondong-bondong menunaikan shalat fardu di Masjid Nabawi.

Jumlah jamaah terbesar terjadi pada saat penyelenggaraan shalat magrib, yaitu 40.356 orang. Angka itu diperoleh berdasarkan statistik yang dihimpun Badan Otoritas Masjid Nabawi di bawah Presidensi Umum 2 Masjid Suci.

Masjid Nabawi membuka 11 pintu untuk menerima jamaah satu jam sebelum shalat subuh dan ditutup setelah shalat isya.

Pembukaan masjid tersebut secara ketat mengacu pada semua tindakan pencegahan dan protokol kesehatan yang diambil Presidensi Umum 2 Masjid Suci, di samping oleh otoritas kesehatan dan keamanan setempat untuk melindungi jamaah dari pandemi Covid-19.

Masjid Nabawi dibuka kembali setelah Raja Salman bin Abdulaziz mengeluarkan perintah untuk mencabut penangguhan sementara waktu shalat Jumat dan shalat berjamaah bagi masyarakat yang telah berlaku sejak 20 Maret akibat wabah corona.

Presidensi Umum 2 Masjid Suci pun telah menyetujui rencana aparat untuk membuka kembali masjid yang dibangun Rasulullah Muhammad SAW itu secara bertahap.

Pembukaan dilakukan setelah otoritas masjid meningkatkan tindakan pencegahan dan pencegahan untuk memastikan keamanan dan perlindungan jamaah dan pengunjung dari pandemi.

Namun, penangguhan masuk sementara bagi jamaah ke Raudah dan area masjid yang lama masih tetap berlaku. Sementara, total jamaah yang diperkenankan untuk shalat pada satu waktu dibatasi maksimum hanya 40 persen dari kapasitas masjid itu.

Otoritas Masjid Nabawi juga menempatkan kamera pendeteksi panas di 11 pintu masjid, termasuk tujuh tempat masuk jamaah laki-laki dan empat tempat masuk jamaah perempuan. Anak-anak dilarang memasuki masjid itu. (saudi gazette/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2