Waspada
Waspada » Jerman Tetapkan Denda Rp165 Juta Jika Tak Mengenakan Masker Di Tempat Umum
Internasional

Jerman Tetapkan Denda Rp165 Juta Jika Tak Mengenakan Masker Di Tempat Umum

Warga Kota Berlin, Jerman, mengenakan masker. CNN

BERLIN, Jerman (Waspada): Jangan coba-coba tak mengenakan masker di tempat umum di Jerman. Mereka yang tak mengenakan masker akan didenda maksimal 10.000 euro atau sekitar Rp165 juta sebagai upaya untuk memerangi virus corona.

Aturan Maskenpflicht (harus menggunakan masker) berlaku mulai Senin (28/4/2020) pagi waktu setempat. Aturan ini juga berlaku bagi warga yang menggunakan transportasi umum seperti kereta.

Hukum ini diterapkan di 16 negara bagian, namun satu wilayah, Schleswig-Holstein, baru akan mengimplementasikan mulai Rabu mendatang. Pengetatan sanksi denda di setiap negara bagian sebenarnya berbeda-beda. Ada yang tak langsung mengenakan denda bagi pelanggar.

Di Berlin dan Brandenburg, para pelanggar hukum mendapat peringatan terlebih dulu agar saling mereka menghormati hak-hak orang lain untuk terhindari dari virus. Di wilayah lain ada yang menerapkan denda bertahap mulai 25 euro.

Namun ada pula yang langsung menerapkan denda maksimal 10.000 euro, bergantung pada dampak yang ditimbulkan.

Sosialisasi soal aturan baru terus dilakukan negara bagian. Umumnya memberikan kesempatan selama beberapa hari kepada warga untuk terbiasa dengan aturan ini sekaligus mencari persediaan masker.

Masker yang digunakan tidak harus untuk medis atau berkualitas tinggi, namun cukup sederhana sekadar meutup mulut dan hidung. Hingga Selasa siang, Jerman mengonfirmasi 158.758 kasus Covid-19, sebanyak 6.129 di antaranya meninggal. (afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2