Delapan Perawat Di Jerman Overdosis Vaksin Covid-19 Pfizer - Waspada

Delapan Perawat Di Jerman Overdosis Vaksin Covid-19 Pfizer

  • Bagikan

BERLIN, Jerman (Waspada): Delapan perawat panti jompo di Jerman terpaksa dirawat di rumah sakit karena menerima vaksin Covid-19 buatan Pfizer melebihi dosis yang ditentukan.

Dilansir Reuters, Rabu (30/12/2020), para perawat mengikuti vaksinasi massal pada Minggu (27/12/2020). Mereka mendapatkan dosis lima kali dari yang direkomendasikan.

“Seorang perempuan saat ini masih dirawat,” kata seorang juru bicara pemerintah distrik Vorpommern-Ruegen, tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai kondisi pasien.

Dari delapan perawat, empat harus dirawat di rumah sakit karena mengalami gejala mirip flu setelah pulang ke rumah. Tiga pasien sudah diperbolehkan pulang.

Dari 1,5 juta orang di seluruh dunia yang sudah mendapatkan suntikan vaksin Pfizer, ini merupakan kasus overdosis pertama yang diketahui BioNTech, lembaga Jerman yang bekerja sama dalam pembuatan vaksin ini.

Selama uji coba beberapa waktu lalu, setiap orang mendapatkan dosis maksimum 100 mikrogram dan tidak mengalami efek samping serius. Sementara pemberian dosis yang direkomendasikan mulai dari 30 mikrogram. (reuters/m11)

 

  • Bagikan