Waspada
Waspada » Corona Meluas Di Afrika, 13 Negara Terjangkit Dalam Seminggu
Internasional

Corona Meluas Di Afrika, 13 Negara Terjangkit Dalam Seminggu

Seorang pria di Sudan diperiksa suhu tubuhnya terkait penularan virus corona. BBC

Sebanyak 13 negara di Afrika terjangkit virus corona dalam sepekan terakhir. Menurut data dari Reuters, hingga Senin (16/3/2020), 30 negara Afrika telah mencatatkan kasus infeksi Covid-19.

Sebelum bertambah 13 negara, corona sudah merambah beberapa negara di Afrika. Di antaranya Maroko, Tunisia, Mesir, Aljazair, Senegal, Burkina Faso, Kongo, Afrika Selatan, Kamerun, Togo, dan Nigeria.

Sementara itu, jumlah pasien yang dirawat mencapai 400 orang hingga Senin. Berikut adalah daftar negara-negara Afrika yang terjangkit penyakit Covid-19 dalam seminggu terakhir.

1. Benin

Kementerian Kesehatan Benin mengumumkan pasien pertama virus corona pada Senin. Pasien itu baru bepergian dari Belgia dan Burkina Faso pada 11 Maret, dan sekarang telah diisolasi di ibu kota.

2. Liberia

Negara di bagian barat Afrika ini juga mengumumkan kasus pertama virus corona pada Senin. “Saya konfirmasi kita ada satu kasus dan sedang ditangani,” ucap Kepala Petugas Medis, Francis Kateh, dikutip dari Reuters.

Sementara itu Presiden George Weah dikabarkan akan memberi detail lebih lanjut hari ini. Liberia pada 2014 sempat diserang wabah Ebola yang menewaskan 4.000 orang. Sistem kesehatannya sampai sekarang masih kekurangan dana, walau dijanjikan ada investasi.

3. Somalia

Empat orang telah dites dan dikarantina oleh Kementerian Kesehatan Somalia, dan salah satunya dinyatakan positif mengidap Covid-19. Para penduduk yang dites itu baru kembali dari China pekan lalu.

4. Tanzania

Seorang perempuan Tanzania tidak terdeteksi gejalanya saat menjalani pemeriksaan di bandara. Namun setibanya di hotel dia merasa tidak enak badan, dan setelah dites dinyatakan positif. Perempuan itu sebelumnya bepergian ke Denmark, Swedia, dan Belgia.

5. Rwanda

Pada Sabtu (14/3/2020) Rwanda mengumumkan pasien pertama virus corona di negaranya. Dia adalah warga negara India yang tiba di Rwanda pada 8 Maret.

6. Ghana

Pada Kamis (12/3/2020), Ghana menjadi negara ke-10 di Afrika yang terjangkit virus corona. Dua kasus langsung terdeteksi saat itu. Mereka baru kembali dari Norwegia dan Turki.

7. Gabon

Pria 27 tahun yang baru kembali dari Perancis menjadi pasien virus corona pertama di Gabon. Pemerintah Gabon mengumumkannya pada Jumat (13/3/2020).

8. Kenya

Pasien pertama di Kenya adalah warga negaranya sendiri, yang pulang dari London pada 5 Maret. Warga Kenya berusia 27 tahun ini dinyatakan positif corona pada Kamis pekan lalu.

9. Ethiopia

Pasien corona di Ethiopia adalah kasus impor dari Jepang berusia 48 tahun. Kementerian Kesehatan mengatakan pasien itu tiba di Ethiopia pada 4 Maret.

10. Sudan

Kasus pertama di Sudan juga kematian pertama di negara itu. Korban sebelumnya sempat mengunjungi Uni Emirat Arab di awal Maret, dan meninggal Kamis pekan lalu.

11. Guinea

Kasus pertama di Guinea adalah pegawai di Uni Eropa. Dia merasa tidak enak badan sepulangnya dari Eropa, dan langsung mengisolasi diri.

12. Mauritania

Sama seperti Ethiopia, Mauritania juga terdampak kasus impor, Jumat pekan lalu. Pasien adalah orang Eropa yang kewarganegaraannya tidak disebutkan. Dia kembali ke Nouakchott, ibu kota Mauritania, pada 9 Maret dan sekarang sedang dikarantina.

13. Pantai Gading

Pasien pertama di Pantai Gading adalah penduduk lokal yang baru kembali dari Italia. Pria berusia 45 tahun ini diumumkan positif corona pada Rabu pekan lalu. (reuters/afp/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2