CNN Pecat Presenter Terkait Pelecehan Seks Mantan Gubernur New York

  • Bagikan
Chris Cuomo, pembawa acara senior dan koresponden CNN dipecat karena diduga membantu saudaranya, mantan gubernur New York Andrew Cuomo keluar dari jerat tuduhan pelecehan seksual. AP

     NEW YORK, AS (Waspada): Media terkemuka Amerika Serikat, CNN, memecat Chris Cuomo, pembawa acara senior dan korespondennya pada Sabtu waktu setempat karena diduga membantu saudaranya, mantan gubernur New York Andrew Cuomo keluar dari jerat tuduhan pelecehan seksual.

     Beberapa hari sebelum dipecat, Cuomo terlebih dulu diskors dari CNN selama proses penyelidikan. “Kami mempertahankan firma hukum yang dihormati untuk melakukan peninjauan dan telah memberhentikannya efektif segera,” kata sebuah pernyataan komunikasi resmi CNN, dikutip dari AFP, Minggu (5/12).

     Pemutusan itu terjadi setelah dokumen muncul menunjukkan bahwa Cuomo menawarkan nasihat kepada saudara politikusnya. CNN menilai langkah Cuomo tersebut melanggar kode etik jurnalistik dan perusahaan.

     “Dokumen-dokumen itu, yang tidak kami ketahui sebelum dirilis ke publik, menimbulkan pertanyaan serius. Ini menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih besar dari yang kami ketahui sebelumnya,” kata juru bicara CNN pada Selasa lalu.

     Dalam dokumen terbaru, Chris Cuomo kedapatan berinteraksi dengan ajudan mantan Gubernur New York memanfaatkan koneksi di media untuk membela saudaranya.

     “Dia (Andrew) saudara laki-laki saya dan jika saya dapat membantu saudara laki-laki saya, saya melakukannya. Jika dia ingin saya mendengar sesuatu, saya akan melakukannya. Jika dia ingin saya mempertimbangkan sesuatu, saya akan mencoba,” kata Cuomo kepada penyelidik pada Juli lalu ketika ditanya tentang nasihat yang dia tawarkan. “Dia saudaraku, dan aku mencintainya sampai mati, apa pun yang terjadi,” ujarnya.

     Sebelumnya, Andrew Cuomo terpilih sebagai gubernur tiga kali sebelum mengundurkan diri pada Agustus setelah Jaksa Agung New York menyimpulkan dia telah melecehkan setidaknya 11 wanita secara seksual.

     Pada Oktober, Andrew Cuomo didakwa melakukan kejahatan seks ringan karena menyentuh secara paksa. CNN menyatakan investigasi atas tindakan Chris Cuomo masih berlangsung.

     Chris Cuomo merupakan presenter acara Anderson Cooper 360.  Program tersebut sering kali menjadi acara yang paling banyak ditonton CNN. Ia lebih terkenal dari kehidupan pribadinya.

     Chris juga tetap bertekad tetap tampil di televisi meski ada banyak tuduhan pelecehan seksual terhadap saudaranya, yang merupakan eks Gubernur New York, Andrew Cuomo. (afp/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *