Waspada
Waspada » Cegah Corona, Piramida Giza Disemprot Disinfekstan
Internasional

Cegah Corona, Piramida Giza Disemprot Disinfekstan

KAIRO, Mesir (Waspada): Pemerintah Mesir sejak pekan ini mulai membersihkan Kompleks Piramida Giza dengan cairan disinfektan. Langkah ini sebagai bagian dari upaya negeri itu memerangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Seperti dilansir Al-Arabiya, Minggu (29/3/2020), kompleks Piramida Giza selama ini berada dalam daftar destinasi wisata terpopuler di Mesir. Situs kuno itu telah ditutup sementara dari kunjungan wisatawan. Di samping itu, ada beberapa kebijakan lain yang berhubungan dengan pencegahan wabah virus asal China tersebut, di antaranya mencakup jam malam selama dua pekan; penutupan semua museum dan situs arkeologi, dan; penangguhan penerbangan.

Sejumlah petugas sejak Rabu (25/3/2020) lalu telah membersihkan jalur kayu yang mengarah ke tiga piramida utama di kawasan Giza, loket, serta pusat pengunjung (visitors center) di pintu masuk situs. Penyemprotan cairan disinfektan di kompleks situs itu dilakukan oleh Kementerian Kepurbakalaan Mesir adalah bagian dari rencana pembersihan semua lokasi wisata di seluruh Mesir, termasuk hotel dan museum di Kairo, serta titik-titik wisata lainnya di negara itu.

Pihak berwenang menghadapi tantangan dalam mengatasi Covid-19 di negara berpenduduk 100 juta itu. Menurut catatan, jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan per hari ini sebanyak 536 kasus. Di antaranya ada 30 jiwa yang meninggal dunia.

Sebagian besar kasus pertama Covid-19 di Mesir terkait dengan sebuah kapal pesiar yang berlayar di Sungai Nil. Hasil pemeriksaan membuktikan bahwa virus itu positif menjangkiti penumpang asing dan kru lokal di kapal tersebut. Ini menjadi pukulan awal terhadap sektor pariwisata penting negara itu. (al-arabiya/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2