Waspada
Waspada » California Kewalahan Menanggulangi Kebakaran Hutan
Internasional

California Kewalahan Menanggulangi Kebakaran Hutan

Seorang petugas pemadam kebakaran menggaruk-garuk kepalanya melihat api yang menghanguskan kawasan perumahan Berryessa Estates di California, Sabtu (22/8/2020) waktu setempat. AP

CALIFORNIA, AS (Waspada): Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat, telah menghanguskan ratusan hektare lahan dan masih belum memperlihatkan tanda-tanda mereda.

Hingga Minggu (23/8/2020), ribuan petugas pemadam masih berusaha memadamkan titik api yang tersebar di seantero pegunungan California sepanjang akhir pekan ini.

Juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran California (Cal Fire) Steve Kaufmann mengatakan bahwa ratusan titik api dipicu sambaran petir di musim kering.

Ia menyebutkan adanya sekitar 12 ribu sambaran petir yang memicu 585 titik api di California sepanjang pekan kemarin.

“Sekitar 950.000 acre (setara 384 ribu hektare) lahan terbakar, dan ada lebih dari 13 ribu petugas pemadam,” ujar Kaufmann. Petugas kesulitan memadamkan kobaran api berintensitas tinggi di beberapa titik.

Sabtu kemarin, Gubernur Gavin Newsom mengumumkan bahwa California telah menerima Deklarasi Bencana Besar dari pemerintahan pusat AS.

 

Lewat deklarasi tersebut, Presiden AS Donald Trump mencairkan bantuan federal untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan di California.

“Area-area terdampak kebakaran termasuk Lake, Napa, San Mateo, Santa Cruz, Solano, Sonoma, dan Yolo,” sebut pernyataan resmi Gedung Putih.

Meski lebih dari 13 ribu petugas dikerahkan, kebakaran belum dapat dikendalikan karena begitu banyaknya titik api. Cal Fire mengaku kekurangan sumber daya dalam mencegah api merembet ke permukiman warga.

Salah satu penyebab minimnya sumber daya adalah berkurangnya jumlah narapidana yang biasanya diberdayakan untuk pemadaman api. Banyak narapidana di California sudah dibebaskan lebih awal karena adanya pandemi virus corona (covid-19).

“Narapidana yang diberdayakan sebagai pemadam adalah bagian penting dari operasi kami,” kata jubir lainnya dari Cal Fire, Christine McMorrow. Jumlah narapidana yang dibebaskan dini di California akibat pandemi covid-19 mencapai 600. (cnn/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2