Bom Rakitan Meledak Di RS Hong Kong - Waspada

Bom Rakitan Meledak Di RS Hong Kong

  • Bagikan
Petugas keamanan Hong Kong menjaga bangunan yang akan dijadikan karantina penderita virus korona setelah diserang massa. AFP

HONG KONG, China (Waspada): Bom rakitan meledak di rumah sakit umum Hong Kong, Senin (27/1/2020) pagi. Tak ada korban dalam insiden ini, meski sempat menimbulkan kepanikan. Rumah sakit sempat mengevakuasi sejumlah pasien.

Kepolisian Hong Kong menyatakan, bom meledak di toilet Pusat Medis Caritas sekitar pukul 02.30 waktu setempat. Tim penjinak menemukan benda diduga bom di toilet dengan panjang 15 dan diameter 10 sentimeter.

“Petugas membawa serpihan yang diduga bom guna pemeriksaan lebih lanjut dan mengevakuasi sekitar 20 orang,” kata kepolisian, dikutip dari Reuters. Belum diketahui motif pelaku meletakkan bom rakitan tersebut.

Insiden terjadi setelah sekelompok massa pada Minggu (26/1/2020) membakar lobi sebuah bangunan baru yang akan digunakan sebagai fasilitas karantina wabah virus korona baru.

Hong Kong didera unjuk rasa besar selama 7 bulan terakhir dengan tuntutan awal pencabutan RUU ekstradisi. Namun setelah permintaan itu dipenuhi, tuntutan masa telanjur meluas, seperti penerapan demokrasi lebih luas.

Massa meluapkan kemarahan karena beberapa tahun terakhit campur tangan China semakin dalam.

Sementara itu terkait penyebaran virus korona, anggota parlemen prodemokrasi dan serikat pekerja medis sepakat bahwa perbatasan Hong Kong dengan China daratan harus ditutup guna mencegah penyebaran virus korona.

Hong Kong melarang warga asal Provinsi Hubei, pusat wabah virus korona, masuk wilayahnya. Pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada pekan lalu sempat menolak penutupan perbatasan lantaran dinilai tidak pantas dan tidak praktis. Hong Kong sejauh ini mengonfirmasi delapan kasus virus corona. (reuters/And)

  • Bagikan