Bom PD II Meledak Di Jerman, 4 Orang Terluka

  • Bagikan
Pemadam kebakaran, polisi, dan petugas kereta api berjaga di sekitar lokasi ledakan bom Perang Dunia Kedua di Munich, Jerman, Rabu malam, yang melukai 4 orang. AP

     MUNICH, Jerman (Waspada): Empat orang dilaporkan terluka ketika sebuah bom pesawat meledak di jembatan dekat stasiun kereta api utama Munich yang sibuk pada Rabu (1/12/2021) waktu setempat. Pemadam kebakaran Munich mengatakan salah satu orang terluka parah.

     Lebih dari 2.000 ton bom aktif dan amunisi ditemukan setiap tahun di Jerman, lebih dari 70 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua (PD II).

     Pesawat-pesawat tempur Inggris dan Amerika menghantam negara itu dengan 1,5 juta ton bom yang menewaskan 600.000 orang. Para pejabat memperkirakan bahwa 15 persen dari bom gagal meledak, beberapa di antaranya terkubur sedalam enam meter di dalam tanah.

     Ledakan itu terjadi saat lokasi itu sedang dibor untuk membangun terowongan, kata polisi, seraya menambahkan daerah itu telah ditutup. “Tidak ada bahaya di luar daerah ini,” terang polisi melansir Reuters, Kamis (2/12/2021).

     Petugas pemadam kebakaran mengatakan ahli bahan peledak dipanggil ke lokasi untuk memeriksa sisa-sisa bom. Karena ledakan itu, perjalanan kereta api ke dan dari stasiun kereta utama dihentikan, menurut operator kereta api Deutsche Bahn. Tidak jelas kapan lalu lintas kereta api akan dilanjutkan.

     Biasanya senjata berbahaya itu langsung dijinakkan oleh para ahli atau dihancurkan dalam ledakan terkendali. Namun, ada beberapa kasus ledakan mematikan di masa lalu.

     Tiga ahli bahan peledak polisi di Goettingen tewas pada 2010 saat bersiap untuk menjinakkan bom seberat 550 kilogram. Pada 2014 seorang pekerja konstruksi di Euskirchen tewas, ketika sekop listriknya menghantam bom seberat 2 ton yang terkubur.

     Pada 1994, tiga pekerja konstruksi Berlin tewas dalam kecelakaan serupa. Pada 2012, sebuah bola api menerangi langit di Munich, menyebabkan kerusakan jutaan euro pada 17 bangunan, ketika pihak berwenang harus meledakkan bom seberat 500 pon yang rusak.

     Pada 2015, sebuah bom seberat 550 kg merobek lubang sedalam tiga meter di jalan raya dekat Offenbach di Jerman tengah. (reuters/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *