Waspada
Waspada » Black Box Air India Express IX 1344 Ditemukan
Internasional

Black Box Air India Express IX 1344 Ditemukan

Air India Express

KOZHIKODE, India (Waspada): Tim pencari pada Minggu (9/8/2020) berhasil menemukan black box dari pesawat Air India Express IX 1344 yang jatuh ke jurang di Kozhikode, Negara Bagian Kerala, India.

Kecelakaan itu menewaskan sedikitnya 18 orang, dan badan pesawat terbelah jadi dua. Insiden bermula saat pesawat dengan nomor penerbangan IX 1344 itu datang dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), dan tergelincir keluar landasan pacu akibat curah hujan tinggi.

Dilaporkan, tercatat ada 190 orang di dalam pesawat itu. Seorang pejabat mengatakan kecelakaan itu merupakan sebuah “keajaiban” karena  jumlah korban tewas tidak lebih banyak.

Namun, ini adalah kecelakaan pesawat sipil terburuk di India dalam 10 tahun terakhir. Penerbangan itu memulangkan warga India yang terjebak di UEA akibat larangan perjalananan saat pandemi virus corona. Oleh karenanya, orang-orang yang datang membantu evakuasi langsung diperintahkan masuk karantina mandiri.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengaku “sedih” mendengar berita kecelakaan tersebut. Penerbangan IX 1344 membawa 184 penumpang termasuk 10 bayi dan 6 awak kabin. Pesawat tergelincir saat hendak mendarat di Bandara Kozhikode, yang sebelumnya dikenal dengan nama Calicut.

Pesawat jenus Boeing 737 itu jatuh pada Jumat (7/8/2020) pukul 19.40 waktu setempat. Media India melaporkan, pilot tidak dapat melihat landasan pacu di upaya pertama pendaratan karena hujan lebat.

Lalu saat berhasil mencapai landasan pacu di percobaan ketiga, pesawat dikatakan mendarat 1.000 meter di luar ambang landasan dan tergelincir lalu masuk jurang. Akibatnya pesawat patah jadi dua.

Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan badan pesawat robek, dan kursi-kursi biru dari pesawat berserakan di tanah.

Bandara Kozhikode bertipe table-top, yang termasuk sulit didarati pesawat karena ada turunan tajam di salah satu atau kedua ujung landasannya.

Kedua pilot Air India Express 1344 tewas dan hampir 150 orang dirawat di rumah sakit. Hasil investigasi terbaru Menteri Penerbangan India Hardeep Singh Puri mengunjungi lokasi kejadian pada Sabtu.

Ia mengumumkan, rekaman data penerbangan dan rekaman suara kokpit telah diamankan, yang sangat penting untuk menyelidiki kecelakaan pesawat itu.

Lebih lanjut Puri mengatakan, dia memuji pilot utama dan masih terlalu dini untuk mengatakan apa sebenarnya penyebab kecelakaan itu.  “Kita harus bersyukur korbannya hanya segini,” ujarnya dikutip dari BBC.

Pesawat jatuh 35 kaki (10 meter) ke jurang, segera selamatkan orang-orang di sana, potong badan pesawat dan evakuasi korban yang terperangkap.

Seorang pejabat darurat senior berkata yang enggan disebut namanya berkata ke kantor berita AFP, “Bahan bakar bocor jadi ini keajaiban pesawat tidak terbakar.” “Jumlah korban bisa saja lebih banyak,” ungkapnya. (bbc/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2