Waspada
Waspada » Bikin Bangga, Remaja Bali Jadi Pembicara TIME 100 Talks
Internasional

Bikin Bangga, Remaja Bali Jadi Pembicara TIME 100 Talks

Melati Wijsen, remaja yang juga aktivis lingkungan asal Bali, menjadi salah satu pembicara dalam program dialog Time 100 Talks yang membahas dampak pandemi virus corona terhadap perkembangan ekonomi, politik, iklim, dan lingkungan di dunia. WEF

NEW YORK, AS (Waspada): Seorang remaja yang juga aktivis lingkungan asal Bali, Indonesia, Melati Wijsen, menjadi salah satu pembicara dalam program dialog Time 100 Talks.

Dikutip dari majalah TIME, Selasa (26/1), Melati dihadirkan sebagai salah satu pembicara yang juga dihadiri oleh pendiri sekaligus Ketua Forum Ekonomi Dunia, Klaus Schwab, dan dipandu oleh moderator sekaligus aktris kenamaan Hollywood, Angelina Jolie.

Dalam kegiatan bincang-bincang itu, mereka membahas soal dampak pandemi virus corona terhadap perkembangan ekonomi, politik, iklim, dan lingkungan di dunia.

Kegiatan bincang-bincang itu berlangsung selama satu jam delapan menit. Dalam acara itu, Melati memaparkan tentang peran anak-anak dan muda-mudi untuk melestarikan lingkungan.

Melati, 19, dan saudara perempuannya, Isabel, menggagas gerakan Selamat Tinggal Kantong Plastik (Bye Bye Plastic Bags) pada 2013 silam. Keduanya mulai tertarik membahas permasalahan lingkungan, utamanya soal pencemaran sampah kantong plastic.

Itu karena mereka merasakan langsung dampaknya ketika berenang di pantai. Keduanya melihat dengan mata kepala sendiri tentang bagaimana sampah plastik mengotori pantai, laut, dan jalanan di Bali.

Pada 2018, Melati dan Isabel menggagas gerakan Bersih-Bersih Bali, yang melibatkan 20 ribu relawan berhasil mengumpulkan sampah seberat 65 ton.

Mereka juga bekerja sama dengan 350 pengusaha di Bali untuk turut menekan penggunaan kantong plastik dan gelas sekali pakai atau sedotan secara perlahan-lahan.

Dilansir laman The Independent, Melati dan Isabel juga pernah diundang menjadi pembicara di ajang TED Talk di London, Inggris, dengan tema soal krisis sampah di Bali.

Keduanya juga sempat diundang ke dalam Konferensi Sampah Laut Dunia di San Diego, Amerika Serikat, yang juga didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada 2018 silam, Melati  dan Isabel masuk ke dalam daftar remaja paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME.

Masih di tahun yang sama, keduanya juga terpilih menjadi CNN Heroes Young Wonders. (time/the independent/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2