Waspada
Waspada » Biden Izinkan Warganya Tanpa Masker Jika Sudah Divaksin
Internasional

Biden Izinkan Warganya Tanpa Masker Jika Sudah Divaksin

BRISTOL, PA - OCTOBER 24: Democratic presidential nominee Joe Biden takes off his face mask to speak during a drive-in campaign rally at Bucks County Community College on October 24, 2020 in Bristol, Pennsylvania. Biden is making two campaign stops in the battleground state of Pennsylvania on Saturday. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)

WASHINGTON, AS (Waspada): Presiden Joe Biden mengizinkan warga Amerika Serikat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 untuk tak memakai masker saat piknik atau berkegiatan di luar ruangan.

“Mulai hari ini, berkumpul dengan teman di taman, piknik, selama kalian sudah divaksin dan di luar ruangan, kalian bisa melakukannya tanpa masker,” ujar Biden sebagaimana dilansir AFP, Selasa (27/4/2021).

Biden mengatakan bahwa program vaksinasi AS berjalan dengan baik sehingga kini warga dapat lebih santai. Namun, Biden tetap mengimbau agar semua warga mengikuti program vaksinasi.

“Bagi mereka yang belum divaksin, terutama jika kalian masih muda, atau berpikir bahwa kalian tak membutuhkannya, [keberhasilan] ini merupakan salah satu alasan baik untuk divaksin. Sekarang. Sekarang,” ucap Biden.

Biden melontarkan pernyataan ini tak lama setelah Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa warga AS yang sudah divaksin tak selalu harus memakai masker ketika berkegiatan di luar ruangan.

“Jika kalian sudah tuntas divaksin, kalian dapat mulai melakukan banyak hal yang sudah tak kalian lakukan karena pandemi,” demikian kutipan pernyataan CDC.

CDC mendasarkan rekomendasi ini pada fakta bahwa setengah populasi dewasa AS saat ini sudah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. Selain itu, penambahan kasus baru Covid-19 juga tak sebanyak sebelumnya.

Meski demikian, CDC menekankan bahwa warga yang sudah divaksin masih harus memakai masker ketika menghadiri konser, parade, atau acara-acara olahraga, meski di luar ruangan.

Sementara itu, pemakaian masker juga masih dianggap penting jika warga AS melakukan kegiatan di dalam ruangan, seperti menonton film di bioskop, memasuki pusat perbelanjaan, hingga datang ke museum.

Biden menganggap pernyataan CDC ini sebagai perubahan besar karena warga AS kini dapat menikmati waktu, terutama menjelang musim panas.

Ia pun merayakan momen ini dengan melepas maskernya setelah memberikan pernyataan di halaman Gedung Putih. Biden melepas maskernya setelah seorang wartawan bertanya alasan sang presiden masih memakai masker.

Biden pun menjawab bahwa ia sengaja agar warga dapat benar-benar melihat perbedaan signifikan, “Dengan melihat saya melepas [masker] dan tak memakainya lagi sampai saya masuk ke dalam.” (afp/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2