Waspada
Waspada » Biden-Harris Banjir Ucapan Selamat Dari Para Pemimpin Dunia
Internasional

Biden-Harris Banjir Ucapan Selamat Dari Para Pemimpin Dunia

Presiden Joe Biden Dan Wakilnya, Kamala Harris, banjir ucapan selamat dari para pemimpin dunia usai dilantik. AP

WASHINGTON, AS (Waspada): Setelah dilantik dan diambil sumpahnya, pada Rabu siang atau Kamis pagi WIB, Joe Biden resmi menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat dan Kamala Harris menjadi wakil presiden ke-49 Negeri Paman Sam.

Ucapan selamat langsung mengalir dari para pemimpin dunia, salah satunya datang dari Presiden RI Joko Widodo. Melalui akun Twitter-nya, Jokowi menyambut hangat pelantikan Biden.

“Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarris atas pelantikannya… Mari kita mari kita lanjut memperkuat kemitraan strategis, bukan hanya untuk keuntungan kedua Negara semata, tetapi untuk dunia yang lebih baik bagi semua,” tulis Jokowi di Twitter, seperti dilihat Waspada, Kamis.

https://twitter.com/jokowi/status/1352076544370376707

Melansir AFP, berikut para pemimpin dunia lainnya yang mengucapkan selamat kepada Joe Biden:

Charles Michel, presiden Dewan Eropa mengungah tweet ucapan selamat kepada Biden dan Wakil Pesiden Kamala Harris. “Saatnya mengembalikan keyakinan dan akal sehat serta meremajakan hubungan UE-AS kita,” ujar Michel.

Presiden Iran Hassan Rouhani memuji kepergian “tiran” Trump, Teheran telah berulang kali meminta Washington untuk mencabut sanksi yang dikenakan atas upaya nuklirnya.

“Kami mengharapkan (pemerintahan Biden) untuk kembali ke hukum dan komitmen, dan mencoba dalam 4 tahun ke depan, jika mereka bisa, untuk menghilangkan noda-noda selama 4 tahun terakhir,” kata Rouhani.

Pemerintahan Biden menginginkan Amerika Serikat kembali dalam perjanjian nuklir Iran yang penting, yang mana Trump telah menarik AS dari perjanjian itu. Namun, Biden menyaratkan Teheran kembali pada kepatuhan yang ketat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mendesak Biden untuk memperkuat aliansi lama antara kedua negara.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat aliansi AS-Israel, untuk terus memperluas perdamaian antara Israel dan dunia Arab serta untuk menghadapi tantangan bersama, di antaranya ancaman yang ditimbulkan oleh Iran,” kata Netanyahu dalam sebuah video.

Dari Vatikan, Paus Fransiskus mendesak Biden untuk mempromosikan “rekonsiliasi dan perdamaian” di seluruh dunia.

“Pada saat krisis besar yang dihadap manusia kita membutuhkan tanggapan yang berpandangan jauh dan bersatu, saya berdoa agar keputusan Anda akan dipandu oleh kepedulian untuk membangun masyarakat yang ditandai dengan keadilan dan kebebasan yang otentik,” kata Paus.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia akan mencari “hubungan baik dengan Amerika Serikat”.

Sementara, kementerian luar negeri mengatakan mereka mengharapkan pendekatan “yang lebih konstruktif” untuk pembicaraan pengendalian senjata yang akan datang.

Kanselor Jerman Angela Markel mengatakan bahwa dia mencari langkah maju untuk “bab baru pertemanan Jerman-Amerika dan kerja sama yang baru”.

“Selamat terhangat atas pelantikan Anda, @POTUS Joe Biden dan @VP Kamala Harris, perayaan sejati demokrasi Amerika,” kata Merkel dalam tweet yang diposting oleh juru bicaranya Steffen Seibert.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memuji pelantikan Biden, dengan mengatakan, “Amerika telah kembali. Awal baru Amerika akan membuat demokrasi semakin besar. Bersama dengan rakyat Korea, saya mendukung perjalanan Anda menuju ‘Amerika Serikat’.”

Para pemimpin Negara-negara Teluk seperti, Kuwait, Qatar, Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab semuanya mengirim pesan ucapan selamat. Presiden Palestina Presiden Palestina Mahmud Abbas mengatakan dia “tidak sabar” untuk bekerja sama dengan Biden “untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan dan di dunia”. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2