Waspada
Waspada » Bertambah, 37.136 Orang Kini Positif Corona Di Saudi
Internasional

Bertambah, 37.136 Orang Kini Positif Corona Di Saudi

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Pemerintah Arab Saudi pada Minggu (10/5/2020) petang waktu setempat melaporkan 1.704 kasus baru infeksi virus corona (Covid-19). Dengan begitu, total pasien corona yang dikonfirmasi di negara itu kini menjadi 37.136 orang.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga mengumumkan 10 kasus kematian baru akibat wabah asal China itu. Dengan begitu, total pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di negeri padang pasir itu kini menjadi 239 jiwa.

Adapun jumlah pasien corona yang dinyatakan sembuh selama 24 jam terakhir di Arab Saudi sebanyak 1.024 orang. Dengan demikian, total pasien sembuh dari Covid-19 di nagara itu sekarang menjadi 10.144 orang.

Kerajaan Arab Saudi telah melonggarkan pembatasan sosial dalam kebijakan karantina wilayah (lockdown) di beberapa daerah di sekitar Kota Madinah seperti al-Shouraybat, Bani Dhafar, Qurban, al-Jumuah, dan sebagian al-Iskan dan Bani Khidrah. Kini, warga yang bermukim di daerah-daerah itu diizinkan meninggalkan rumah mereka antara pukul 9 pagi dan 5 sore.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan, respons publik terhadap pembatasan yang tersisa akan terus dipantau dan dievaluasi oleh otoritas kesehatan do masing-masing daerah. Kementerian itu juga meminta orang-orang untuk tetap mematuhi langkah-langkah pembatasan tersebut untuk memastikan keselamatan umum.

Kasus di China Naik

Sementara itu, – China melaporkan kenaikan kasus virus corona sebanyak 2 digit, Minggu (10/5/2020). Ini merupakan kenaikan terbesar sejak 10 hari terakhir. Komisi Kesehatan Nasional China menyebut ada 14 kasus baru, 12 di antaranya merupakan penularan lokal dan dua lainnya melibatkan kasus impor.

Sebelas dari kasus penularan lokal terjadi Provinsi Jilin dan satu di Provinsi Hubei, pusat wabah corona di China, seperti dikutip dari Reuters. Jilin merupakan wilayah yang berbatasan dengan Korea Utara, negara di mana situasi penyebaran virusnya tidak diketahui pasti.

Meski demikian tidak ada laporan kasus kematian di China, tren yang sudah berlangsung selama hampir 1 bulan. Terakhir, China melaporkan penambahan 2 digit kasus pada April yakni 12 orang. Setengah dari penderita merupakan kasus impor.

Jumlah pasien Covid-19 yang saat ini masih dirawat di rumah sakit seluruh China juga turun menjadi 148 orang. Sebanyak 798 lainnya masih menjalani isolasi dan dalam pengawasan. Mereka adalah kelompok suspect virus corona atau telah menjalani tes dan hasilnya positif namun tak menunjukkan gejala apa pun.

Sejauh ini China mengonfirmasi 82.901 kasus virus corona, sebanyak 4.633 di antaranya meninggal. Lompatan tiba-tiba kasus terbaru ini memicu kekhawatiran bahwa pencabutan lockdown atau pembatasan sosial punya dampak besar. Apalagi sebagaian besar kasus berasal dari penularan lokal. (afp/reuters/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2