Waspada
Waspada » Batu Dari Bulan Dilelang Rp37 Miliar
Internasional

Batu Dari Bulan Dilelang Rp37 Miliar

Batu dari Bulan yang diberi nama NWA 12691 dilelang di Inggris. New York Post

LONDON, Inggris (Waspada): Salah satu koleksi batuan Bulan akan dilelang oleh Rumah Lelang Chistie’s pada Kamis (30/4/2020) waktu London, Inggris, atau Jumat WIB. Nilainya mencapai 2 juta poundsterling atau sekitar Rp37 miliar.

Batuan seberat 13,5 kg itu kemungkinan terlempar dari permukaan Bulan setelah ditabrak asteroid atau komet lalu jatuh di gurun Sahara, menempuh jarak 380.000 kilometer.

Benda yang diberi nama NWA 12691 itu merupakan batuan dari Bulan terbesar kelima yang pernah ditemukan. Sejauh ini diperkirakan ada 650 kilogram batuan Bulan di Bumi.

“Pengalaman memegang sepotong dunia lain di tangan Anda, merupakan sesuatu yang tidak pernah bisa dilupakan. Ini benar-benar bagian dari Bulan, seukuran bola, sedikit lebih lonjong dari itu, tapi lebih besar dari kepala Anda,” kata James Hyslop, kepala ilmu pengetahuan dan sejarah alam Christie’s, dikutip dari Reuters.

Batu tersebut ditemukan di gurun Sahara oleh seorang yang tak disebutkan identitasnya. Dia kemudian memberikan kepada ahli untuk dipelajari. Para ilmuwan dapat memastikan asal usul batu tersebut setelah membandingkannya dengan sampel yang dibawa oleh misi luar angkasa Amerika Serikat ke Bulan, Apollo.

“Pada 1960-an dan 1970-an, program Apollo membawa kembali sekitar 400 kilogram batuan bulan. Mereka dan para ilmuwan mampu menganalisis komposisi kimia dan isotop dan menentukan bahwa mereka cocok dengan meteorit tertentu,” kata Hyslop.

Batuan dari bulan, kata dia, merupakan meteorit langka. Hyslop menyebut hanya 1 dari 1.000 meteorit yang berasal dari bulan.

“Kami berharap ada minat internasional yang tinggi, dari kalangan museum sejarah alam. Ini merupakan piala luar biasa bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah ruang angkasa atau eksplorasi bulan,” tuturnya. (reuters/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2