Waspada
Waspada » AS Tangkap Istri Gembong Narkoba Terbesar Meksiko
Internasional

AS Tangkap Istri Gembong Narkoba Terbesar Meksiko

Emma Coronel Aispuro yang merupakan istri gembong narkoba ternama Meksiko, Joaquin 'El Chapo' Guzman ditangkap atas dugaan terlibat perdagangan narkoba internasional dan didakwa mengimpor berbagai jenis narkoba ke wilayah AS. UPI

WASHINGTON, AS (Waspada): Otoritas Amerika Serikat menangkap Emma Coronel Aispuro yang merupakan istri gembong narkoba ternama Meksiko, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman.

Seperti dilansir CNN, Selasa (23/2/2021), mantan ratu kecantikan ini diduga terlibat perdagangan narkoba internasional. Aispuro didakwa mengimpor berbagai jenis narkoba ke wilayah AS.

Wanita 31 tahun ini ditangkap di Bandara Internasional Dulles, Washington, pada Senin (22/2) waktu setempat. Dia diketahui memiliki kewarganegaraan ganda AS-Meksiko.

Departemen Kehakiman AS dalam keterangannya menyebut Aispuro menghadapi dakwaan bersekongkol mendistribusikan 1 kilogram atau lebih heroin, 5 kilogram atau lebih kokain, 1.000 kilogram atau lebih mariyuana dan 500 gram atau lebih methamphetamine untuk diimpor secara ilegal ke wilayah AS.

“Ada dugaan untuk meyakini bahwa, dari setidaknya pada atau sekitar tahun 2014 dan setidaknya atau sekitar 19 Januari 2017, Coronel secara sadar, secara sengaja, dan dengan sengaja berkonspirasi dengan Guzman dan yang lain (untuk mendistribusikan narkoba),” demikian bunyi dokumen Departemen Kehakiman AS.

Dokumen itu menyebut Biro Investigasi Federal (FBI) meyakini Aispuro menyalurkan pesan dari Guzman untuk letnannya, kaki tangannya dan empat anaknya sebelum dan selama Guzman dipenjara di Meksiko.

Jaksa-jaksa AS juga menyebut Aispuro bersekongkol dengan pihak lain untuk membantu suaminya kabur dari sebuah penjara di Meksiko pada 11 Juli 2015.

Setelah Guzman ditangkap kembali di Meksiko pada Januari 2016, Aispuro diduga terlibat dalam perencanaan aksi suaminya untuk kabur dari penjara, sebelum akhirnya Guzman diekstradisi ke AS pada Januari 2017.

Aispuro akan dihadirkan dalam sidang perdana di Pengadilan Distrik AS di Washington DC via video conference pada Selasa (23/2) waktu setempat.

Sementara Guzman yang memimpin Kartel Sinaloa — salah satu sindikat pengedar narkoba paling terkenal di Meksiko — dinyatakan bersalah tahun 2019 dan divonis penjara seumur hidup oleh pengadilan AS.

Dia kini ditahan di penjara dengan keamanan paling ketat di AS, yakni penjara federal ADX di Florence, Colorado.

Aispuro dan Guzman diketahui menikah sejak 2007. FBI dalam dokumennya juga menyebut ayah Aispuro, Ines, sebagai anggota kartel narkoba yang dipimpin Guzman. (cnn/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2