Waspada
Waspada » AS Sanksi Turki Karena Membeli Rudal S-400 Buatan Rusia
Internasional

AS Sanksi Turki Karena Membeli Rudal S-400 Buatan Rusia

Amerika Serikat (AS) memberikan sanksi kepada Turki karena telah membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia. Moscow Times

WASHINGTON, AS (Waspada): Amerika Serikat (AS) memberikan sanksi kepada Turki karena telah membeli sistem pertahanan udara S-400  buatan Rusia. Pernyataan itu dikeluarkan oleh AS pada Senin (14/12/2020) waktu setempat.

Dilansir CGTN News, Selasa (15/12/2020), Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa sanksi yang dijatuhkan kepada Turki tersebut diberlakukan di bawah Undang-Undang Penentang Lawan Amerika Melalui Sanksi (CAATSA).

Sanksi yang dibebankan kepada Turki tersebut termasuk larangan semua lisensi ekspor AS dan otorisasinya kepada Presidensi Industri Pertahanan Turki (SSB).

Selain itu, Negeri Paman Sam juga akan membekukan aset sekaligus pembatasan visa Presiden SSB, Ismail Demis, di AS. Hal itu juga berlaku untuk pejabat SSB lainnya.

Pernyataan tersebut menambahkan, AS sebelumnya telah menjelaskan kepada Turki jika pembelian sistem pertahanan udara S-400 akan membahayakan keamanan teknologi dan personel militer AS.

Selain itu, pembelian sistem pertahanan udara itu akan memberikan dana segar yang besar untuk sektor pertahanan Rusia. Pembelian S-400 tersebut, sambung pernyataan itu, juga akan memberikan Rusia akses ke angkatan bersenjata dan industri pertahanan Turki.

“Tindakan ini mengirimkan sinyal yang jelas bahwa AS akan sepenuhnya menerapkan CAATSA Pasal 231 dan tidak akan menoleransi transaksi signifikan dengan sektor pertahanan dan intelijen Rusia,” tambah pernyataan itu.

Di sisi lain, Turki memberikan kecaman terhadap AS karena telah memberikan sanksi terhadap Ankara.

“Kami mengutuk dan menolak keputusan yang diumumkan AS, termasuk sanksi sepihak terhadap Turki, karena pengadaan sistem pertahanan udara S-400 kami,” tulis Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Turki menambahkan tindakan AS tersebut akan memicu hubungan yang negatif antara kedua negara.

Pihaknya mengaku akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melawan keputusan AS tersebut, tanpa memerinci langkah apa yang dimaksud.

“Turki akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melawan keputusan ini, yang pasti akan memengaruhi hubungan kami secara negatif. (Turki) akan membalas dengan cara dan waktu yang dianggap tepat,” tambah Kementerian Pertahanan Turki. (cgtn news/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2