Waspada
Waspada » AS Krisis, Polisi Gadungan Bermunculan Memanfaatkan Situasi
Internasional

AS Krisis, Polisi Gadungan Bermunculan Memanfaatkan Situasi

Ilustrasi polisi di Amerika Serikat

NEW YORK, AS (Waspada): Di tengah krisis wabah virus corona, Amerika Serikat kini menghadapi masalah baru, yaitu munculnya para polisi gadungan untuk memanfaatkan situasi demi mencari keuntungan pribadi.

Seperti dilansir New York Times, Senin (6/4/2020), mengutip keterangan otoritas AS, para polisi gadungan ini melakukan penghentian lalu lintas illegal di seluruh negeri. Beberapa di antaranya bahkan melecehkan perempuan dan yang lain telah mencoba memeras, mencuri uang, atau mencuri informasi pribadi.

“Mereka adalah petugas polisi wannabe, dan virus Corona membuat mereka lebih mudah meniru polisi,” kata Janis G. Mangum, sheriff di Jackson County. “Mereka kadang bertindak tidak baik dan itu sangat mengganggu saya.”

Dalam banyak kasus, para pelaku memangsa kerentanan dan rasa takut yang dirasakan orang ketika virus terus menyebar dengan cepat, kata Marcus Felson, seorang profesor peradilan pidana di Texas State University. “Saya berpendapat kuat bahwa kesempatan adalah kekuatan pendorong kejahatan, dan ini adalah kejahatan karena adanya kesempatan,” kata Dr. Felson.

Penelitian akademisi juga mengindikasikan bahwa meningkatnya regulasi kehidupan sipil dan kekuatan polisi yang lebih besar, seperti yang diberlakukan setelah serangan teroris 11 September 2001, memudahkan polisi gadungan beroperasi.

“Semakin banyak kita mengatur, semakin banyak peluang yang terbuka untuk orang-orang yang ingin memanfaatkannya untuk tujuan egois mereka sendiri,” kata Robert Gellately, seorang sejarawan di Florida State University.

Dalam beberapa kasus di mana pengemudi diizinkan untuk pergi setelah dihentikan sebentar, tampaknya tidak ada motif lain selain keinginan untuk kepuasan pribadi, kata polisi. (new York times/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2