Arab Saudi Tahun Ini Pertimbangkan Gelar Haji Tanpa Jamaah Asing - Waspada

Arab Saudi Tahun Ini Pertimbangkan Gelar Haji Tanpa Jamaah Asing

  • Bagikan
1227822508

DUBAI, UEA (Waspada): Arab Saudi mempertimbangkan akan menggelar ibadah haji tahun 2021 tanpa jamaah asing seperti diterapkan pada tahun lalu demi mencegah penyebaran Covid-19.

Dua sumber mengatakan kepada kantor berita Reuters, Rabu (5/5/2021), bahwa pihak berwenang memang punya rencana membuka haji bagi jamaah dari luar negeri.

                                             

Namun ada peluang ditangguhkan kembali sehingga hanya membolehkan jemaah dari dalam negeri, baik warga Saudi maupun ekspatriat, untuk melaksanakannya.

Itu pun mereka harus memenuhi syarat utama, yakni sudah menjalani vaksin atau sudah sembuh dari Covid-19 setidaknya 6 bulan sebelum pelaksanaan haji. Seorang sumber mengatakan, usia jemaah juga akan dibatasi.

Sumber lainnya menambahkan, rencana awal untuk mengizinkan jamaah haji dari luar negeri yang divaksin Covid-19 masih dipertimbangkan. Keraguan terletak pada jenis vaksin yang digunakan, kemanjuran, serta efektivitasnya melawan varian baru.

Meski demikian, kedua sumber tersebut memastikan belum ada keputusan final yang diambil sampai saat ini. Diskusi mengenai pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah masih berlangsung melibatkan banyak pihak berkepentingan.

Tahun lalu Saudi menggelar haji dengan jamaah dari dalam negeri, jumlahnya tak sampai 10.000 orang. Angka ini jauh di bawak kondisi normal yang bisa diikuti 2,5 juta jemaah.

Arab Saudi akan membuka penerbangan internasional mulai 17 Mei, namun larangan masuk bagi warga dari 20 negara tetap diberlakukan yakni Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon , Mesir, India, dan Jepang. (reuters/m11)

  • Bagikan