Arab Saudi Rilis Foto Detail Hajar Aswad Yang Tak Pernah Dilihat Sebelumnya - Waspada

Arab Saudi Rilis Foto Detail Hajar Aswad Yang Tak Pernah Dilihat Sebelumnya

  • Bagikan
Otoritas Arab Saudi pada Senin (3/5/2021) waktu setempat merilis foto terbaru yang menampilkan Hajar Aswad dari dekat. Gambar tersebut belum pernah dilihat sebelumnya. Haramain

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Otoritas Arab Saudi pada Senin (3/5/2021) waktu setempat merilis foto terbaru yang menampilkan Hajar Aswad dari dekat. Gambar tersebut belum pernah dilihat sebelumnya.

Hajar Aswad adalah batu hitam yang terdapat di Ka’bah, Makkah. Dalam keyakinan Islam, batu itu berasal dari surga.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menangkap detail Hajar Aswad dengan teknik baru fotografi yang menggunakan fokus panorama bertumpuk.

Batu itu difoto selama tujuh jam untuk menghasilkan satu gambar dengan resolusi tertinggi.

Gambar itu berukuran hingga 49.000 megapiksel dan membutuhkan waktu 50 jam untuk mengembangkannya.

Umat Islam percaya bahwa Hajar Aswad diturunkan langsung dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh Malaikat Jibril.

Batu itu dikelilingi bingkai yang terbuat dari perak murni dan terletak di sudut Ka’bah, sekitar satu setengah meter dari permukaan tanah.

Selama umrah atau haji, umat Islam dianjurkan untuk menyentuh batu itu setiap kali selesai tawaf (mengelilingi) di sekitar Ka’bah.

Namun, karena banyaknya peziarah yang berkunjung setiap tahun, diperkenankan bagi jamaah untuk melambai ke arah Hajar Aswad dari kejauhan.

Hajar Aswad terletak di sudut timur Ka’bah dan terlihat seperti satu batu yang terlindung dalam bingkai perak, tetapi sebetulnya Hajar Aswad terdiri dari delapan batu kecil yang digabung dengan frankincense Arab.

Batu terkecil ukurannya tak lebih dari 1 cm, yang terbesar tidak melebihi ukuran 2 cm, seperti dilansir Antara, Selasa (4/5/2021). Bingkai yang dibuat dari perak berfungsi sebagai pelindung dari batu suci itu.

Berdasarkan buku sejarah, Hajar Aswad yang berasal dari surga ditempatkan di Ka’bah oleh Nabi Ibrahim setelah diberikan oleh malaikat Jibril. (arab news/ant/m11)

  • Bagikan