Waspada
Waspada » Ada Taman Ganja Dekat Gedung Senat Meksiko, Semua Orang Bebas Nge-gele
Internasional

Ada Taman Ganja Dekat Gedung Senat Meksiko, Semua Orang Bebas Nge-gele

Seorang wanita duduk di antara tanaman ganja yang tumbuh subur di dekat gedung Senat di kota Mexico City, Meksiko. Reuters

MEXICO CITY, Meksiko (Waspada): Di ibu kota Meksiko, Mexico City, ada sebuah taman ganja yang terletak di sebelah gadung Senat. Tempat ini menjadi surga bagi para penghisap ganja dari semua kalangan, tanpa takut ditangkap.

Dilansir Reuters, Jumat (25/9/2020), tanaman itu tumbuh di alun-alun gedung Senat sebagai hasil dari penyemaian benih-benih ganja yang dilakukan oleh para aktivis pro-mariyuana sejak Februari lalu.

Kini 420 tanaman itu telah tumbuh dengan subur, dan menjadi simbol dari upaya untuk melegalkan ganja di negara yang diliputi kekerasan terkait narkoba.

“Bisa merokok di sini dengan bebas sangatlah penting bagi saya,” kata Marco Flores, seorang barista yang duduk di bangku taman itu kepada Reuters. “Saya tidak lagi melarikan diri di jalan karena ketakutan,” ujarnya.

Mahkamah Agung Meksiko telah memutuskan bahwa undang-undang yang melarang penggunaan ganja tidak konstitusional. Namun, pemerintah belum merancang undang-undang yang secara resmi akan melegalkan ganja. Itu membuat perokok ganja menghadapi tuntutan pidana jika ketahuan menghisapnya.

Namun demikian, ada sebuah pengecualian, yaitu jika menghisap ganja di taman yang dikelola oleh aktivis pro-mariyuana. Orang-orang diizinkan masuk selama 30 menit setiap kali dan dapat merokok dengan tenang.

Sejauh ini polisi tampaknya menutup mata terhadap praktik tersebut, meski pun tidak jelas berapa lama itu akan berlangsung. “Mereka bisa datang dan mencobanya,” ujar Carlos Diaz, sorang pengguna ganja. Bagi Jose Rivera, seorang aktivis ganja, taman ganja adalah alat untuk mendidik dan menawarkan “hak asasi manusia”.

Penggunaan ganja untuk obat keperluan pribadi telah didekriminalisasi di negara itu sejak 2009, tetapi menanam dan memperdagangkan tanaman tersebut masih merupakan tindak pidana federal.

Gerakan untuk melegalkan ganja telah mendapatkan kekuatan di Meksiko, terutama karena negara bagian AS telah melegalkan penggunaannya dan kekerasan kartel ganja meningkat di sana.

Produksi ganja tengah meningkat di negara bagian, seperti California dan Colorado, tapi Meksiko tetap menjadi sumber pasokan ganja paling signifikan di Amerika Serikat, yang dipakai menjadi obat internasional, menurut Penilaian Ancaman Narkoba Nasional Administrasi Penegakan Narkoba 2019. (reuters/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2