Waspada
Waspada » 5 Triliuner Yang Semakin Kaya Di Tengah Pandemi Covid-19
Internasional

5 Triliuner Yang Semakin Kaya Di Tengah Pandemi Covid-19

Waspada – Meski dunia tengah gonjang-ganjing akibat pandemi corona dan terancam menghadapi krisis ekonomi, ada 5 orang di dunia yang justru menjadi semakin kaya dan berlomba jadi super triliuner. Siapa saja mereka? Untuk mengetahuinya, simak daftarnya berikut ini:

1. Jeff Bezos

Tokoh pertama siapa lagi kalua bukan CEO Amazon yakni Jeff Bezos. Meski Bezos tengah disibukkan soal pembagian harta gono gini dengan MacKenzie, sang mantan istri dan menjadikannya sebagai wanita terkaya di dunia, toh tak mengurangi hartanya secara signifikan. Kekayaan Bezos diprediksi mencapai US$145,4 miliar (sekitar Rp2.100 triliun) yang jumlahnya ini tak mungkin terkejar oleh orang biasa.

Bezos masih terus menumpuk harta kekayaannya dan potensi untuk terus berlipat ganda. Di saat pandemi, perusahaannya malah jadi salah satu yang menangguk cuan karena belanja online yang makin menjadi.

Belum lagi dengan ekspansi bisnisnya Prime Video, di kuartal pertama 2020 ini Amazon masih menghasilkan US$75 miliar. Naik 26% dibanding periode serupa tahun lalu.

2. Jack Ma

Meski Jack Ma sudah mengundurkan diri sebagai Chairman Alibaba Group September lalu, namun namanya terus berkibar berkat aksi filantropi yang dilakukan yayasannya. Ia menyumbang perlengkapan medis ke 150 negara dan mengumumkan pembiayaan untuk penelitian vaksin.

Banyak berbagi banyak rezeki, mungkin begitu yang dialami Jack Ma selama pandemi. Kekayaannya, di tengah sederet aksi amalnya, malah terus bertumbuh karena bisnis Alibaba yang tak diragukan alami kenaikan penjualan selama pandemi.

Perusahaan ini tengah mencoba mentransformasi bisnis-bisnis seperti manufaktur dan pertanian untuk masuk ke ranah digital, belajar dari pandemi tahun ini. Mengingat rekam jejak bisnis Jack Ma, bisa jadi ambisinya ini bikin Alibaba Group kian meroket dan terus memberi pundi-pundi dan mendorongnya ke klub triliuner.

3. Ma Huateng

Ma Huateng merupakan pesaing dekat Jack Ma dari ‘Negeri Tirai Bambu’. Lewat Tencent, Huateng menggeser Jack Ma sebagai orang terkaya di China tahun ini. Sama seperti bisnis-bisnis situs ritel online lainnya, Tencent juga meraup cuan berlimpah selama pandemi.

Ditambah dengan game-game online yang dirajai oleh Tencent, persaingan Jack Ma dan Ma Huateng diperkirakan masih akan panas di tahun ini dan kekayaannya akan terus bertambah.

4. Mukesh Ambani

Jack Ma dan Ma Hua Teng boleh jadi orang terkaya di China, tapi orang terkaya di Asia justru berasal dari India yakni Mukesh Ambani. Dimulai ketika April lalu, saat Facebook mengumumkan mereka bakal investasi US$5,7 juta ke Jio Platforms, cabang bisnis telekomunikasi dan Reliance Industries milih Mukesh. Kerja sama ini membuat saham konglomerat India ini meroket dan menjadikannya orang terkaya di Asia.

Perlu dicatat, Reliance yang dijalankan oleh Mukesh adalah perusahaan minyak ke-enam terbesar di Indonesia. Ditambah dengan bisnisnya di sektor teknologi dan telekomunikasi, yang pasarnya juga sangat besar di India.

5. Mark Zuckerberg

Lini bisnis Facebook yang esensial seperti instagram dan whatsapp mendongkrak pendapatan Mark Zuckerberg. Zuckerberg belum berhenti bersinar, ia sedang mengejar posisi untuk menjadi triliuner termuda di dunia. Diprediksi, ia akan menggapai lonjakan bisnisnya pada 2036 saat berusia 51 tahun dan berada di posisi terkaya di dunia. (bs/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2