Waspada
Waspada » 30 Tewas Akibat Badai Yang Melanda Brasil
Internasional

30 Tewas Akibat Badai Yang Melanda Brasil

Warga berjalan menyusuri jalan yang banjir di Kota Iconha, negara bagian Espirito Santo, Brasil. AFP

BRASILIA, Brasil (Waspada): Setidaknya 30 orang tewas dalam dua hari akibat terjangan badai hebat di Brasil tenggara. Kantor Pertahanan Sipil negara bagian Minas Gerais juga menyebut 17 orang hilang, tujuh luka-luka, dan sekitar 3.500 terpaksa keluar dari rumah.

Dilaporkan AFP, Minggu (26/1/2020), serangkaian tanah longsor melanda dan menyebabkan ratusan bangunan ambruk. Tayangan televisi menunjukkan, gambar-gambar sungai yang meluap, banjir, dan pohon-pohon serta tiang-tiang tumbang di tengah air deras.

Beberapa jalan raya juga terputus akibat banjir, dan sejumlah jembatan runtuh. Sebagian besar korban tewas dalam tanah longsor atau terkubur di rumah yang hancur. Setidaknya dua anak terdaftar di antara yang tewas.

Hujan deras dan banjir juga menghantam negara bagian Rio de Janeiro dan Espirito Santo.

Curah hujan di wilayah itu merupakan yang terberat sejak catatan pertama kali direkap 110 tahun lalu. Dalam satu periode 24 jam, ibu kota negara bagian Minas Gerais, Belo Horizonte, mencatat curah hujan 172 milimeter.

Menurut ramalan cuaca, hujan diperkirakan akan turun pada Minggu, tetapi pihak berwenang memperingatkan bahwa bahaya tanah longsor tetap tinggi, terutama di daerah Belo Horizonte. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2