Waspada
Waspada » 14 Peti Mati Purba Berusia 2.500 Tahun Ditemukan Di Mesir
Internasional

14 Peti Mati Purba Berusia 2.500 Tahun Ditemukan Di Mesir

Belasan peti mati berusia 2.500 tahun yang terbuat dari kayu ditemukan di Mesir. Daily Mail

KAIRO, Mesir (Waspada): Kementerian Purbakala Mesir, Minggu (20/9/2020) waktu setempat, mengumumkan penemuan 14 peti mati di Saqqara. Peti-peti terbuat dari kayu itu sudah terkubur selama 2.500 tahun.

Dilansir AFP, Senin (21/9/2020), pemakaman baru tersebut ditemukan pada Jumat (18/9/2020) saat ekskavasi arkeologi, menyusul temuan 13 peti kayu serupa di tempat yang sama pekan lalu.

Wilayah Saqqara yang luas di sebelah selatan Kairo merupakan bagian dari ibu kota kuno Memphis yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Saqqara merupakan situs Piramida Djoser berbentuk persegi panjang.

Kementerian menunjukkan foto-foto peti mati kayu yang masih terawat baik, dindingnya dihiasi lukisan rumit, berornamen, dengan garis merah marun dan biru, serta gambar hieroglif.

Mesir berusaha untuk mempromosikan penemuan arkeologi dalam upaya untuk menghidupkan kembali pariwisata yang terpukul akibat pembatasan perjalanan terkait pandemi virus corona.

Penemuan barang-barang peninggalan zaman purba belum lama ini juga terjadi di Afrika. Para arkeolog dilaporkan telah menemukan tempat tidur yang berusia 200.000 tahun. “Kasur” tersebut ditemukan di dalam gua yang terbuat dari campuran rumput dan abu.

Gua itu terletak di dekat perbatasan antara Afrika Selatan dan Swaziland. Para arkeolog juga menyatakan gua tersebut berisi informasi mengenai kehidupan manusia 230.000 tahun lalu.

Arkeolog dari Wits University’s Evolutionary Studies Institute Lyn Wadley mengatakan bahwa selain menemukan “kasur” pada Zaman Batu, mereka menemukan perkakas dari batu.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan potensi awal untuk melihat perilaku dan kompleksitas sosial manusia pada Zaman Batu. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2