HUT MA RI Ke-74, E-Litigasi Diluncurkan

KISARAN (Waspada): HUT Mahkamah Agung (MA) RI ke-74, berkomitmen menjadikan peradilan yang unggul dan modern, salah satunya dengan meluncurkan E-Ligitasi

HUT MA RI Ke-74, E-Litigasi Diluncurkan
Ketua PN Kisaran, Dr Ulina Marbun SH MH, didampingi para hakim, dan jajaran pegawai PN Kisaran foto bersama saat memperingati HUT MA RI ke-74, 19 Agustus 2019. Waspada/Ist 

 Ketua Pengadilan Negeri Kisaran Dr Ulina Marbun SH MH melalui Humas Miduk Sinaga SH menyampaikan, saat perayaan HUT Mahkamah Agung  RI Ke-74, di PN Kisaran, Senin (19/8), menuturkan, menjadikan peradilan yang unggul dan modern adalah mewujudkan visi dan misi MA. Ketua MA meluncurkan  Peraturan Mahkamah Agung (Perma) RI No.1 Tahun 2019, tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik. 

"E-Litigasi ini demi mendobrak tembok penghalang efektivitas peradilan. Dengan E-Litigasi ini, diharapkan proses peradilan bisa lebih cepat, dapat menjembatani kendala geografis dan juga menekan tingginya biaya perkara.

Sehingga manfaat yang didapat dari E-Litigasi ini dapat terpenuhinya asas peradilan sederhana, cepat dan berbiaya ringan serta pemenuhan asas pelayanan publik serta demi meningkatkan kepercayaan publik dalam peradilan," jelas Miduk. 

Menurutnya E-Litigasi merupakan kelanjutan dari E-Court yang diberlakukan untuk perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer, tata usaha negara. Perbedaan E-Court dengan E-Litigasi terletak pada migrasi dari yang parsial ke menyeluruh.

"E-Court migrasi peradilan ke digital hanya dilakukan pada administrasi perkara. Sedangkan dalam E-Litigasi ini migrasi dilakukan secara sepenuhnya terhadap persidangan," jelas Miduk.

E-Litigasi ini, lanjut Miduk,  digitalisasi tidak hanya dilakukan dalam hal pembayaran perkara maupun biaya pemanggilan.  "Akan tetapi diperlakukan pula dalam tukar-menukar dokumen, jawab-menjawab, pembuktian, bahkan penyampaian putusan," jelas Miduk. 

Dalam peringatan HUT MA RI ke-74, PN Kisaran mengelar berbagai perlombaan, dan acara puncak dengan pemotongan nasi tumpeng. (a15/a31).