Waspada
Waspada » Tolak Restui Pasangan Sejenis, Elton John Sebut Vatikan Munafik
Hiburan

Tolak Restui Pasangan Sejenis, Elton John Sebut Vatikan Munafik

Keputusan Vatikan untuk tidak merestui pernikahan pasangan sejenis menimbulkan reaksi tajam dan sindiran. Salah satunya, dari penyanyi legendaris, Elton John, yang juga seorang gay. Getty Images

LONDON, Inggris (Waspada): Keputusan Vatikan untuk tidak merestui pernikahan pasangan sejenis menimbulkan reaksi tajam dan sindiran. Salah satunya, dari penyanyi legendaris, Elton John, yang juga seorang gay.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (16/3), melalui unggahan terbarunya, di akun instagram pribadinya @eltonjohn, ia mengkritik sikap Vatikan itu sambil menyandingkan dua pemberitaan yang saling kontra.

Di sisi kiri potret yang dibagikannya, sebuah berita dari The Guardian menuliskan bahwa gereja Katolik tidak merestui pernikahan sejenis.

Sementara di sisi kanannya, dalam pemberitaan Daily Beast disebutkan Vatikan menggelontorkan sejumlah uang untuk mendukung peluncuran film Biopic berjudul Rocketman, yang menceritakan perjalanan hidup Elton John yang merupakan seorang gay.

“Bagaimana bisa Vatikan tak merestui pernikahan sesama jenis karena hal itu adalah ‘dosa,’ tapi dengan senang hati menarik untung dari investasi jutaan untuk Rocketman, film yang merayakan sukacita saya dari pernikahan saya dengan David?” #kemunafikan,” tulis John dalam keterangan unggahannya.

Kantor ortodoks Vatikan, Kongregasi bagi Doktrin Iman (CDF), mengeluarkan tanggapan resmi pada Senin (15/3) terkait adanya pertanyaan tentang apakah pendeta Katolik dapat memberkati pernikahan gay.

Jawabannya, yang dimuat dalam penjelasan dua halaman dan diterbitkan dalam tujuh bahasa serta disetujui oleh Paus Fransiskus, adalah “negatif”.

Keputusan tersebut menunjukkan bahwa gereja menyambut dan memberkati orang-orang gay, tetapi tidak untuk pernikahan mereka. Vatikan berpendapat bahwa kaum gay harus diperlakukan dengan bermartabat dan hormat, tetapi seks gay “secara intrinsik tidak diizinkan”.

Ajaran Katolik berpendapat bahwa pernikahan antara pria dan wanita adalah bagian dari rencana Tuhan dan dimaksudkan untuk menciptakan kehidupan baru. Menurut dokumen itu, karena pernikahan gay tidak dimaksudkan untuk menjadi bagian dari rencana itu, mereka tidak dapat diberkati oleh gereja.

“Kehadiran elemen-elemen positif dalam hubungan semacam itu, yang dengan sendirinya dihargai dan diapresiasi, tidak dapat membenarkan hubungan ini dan menjadikannya objek yang sah dari berkat gerejawi,” kata Vatikan.

Sebelumnya, Paus Fransiskus mendukung pemberian perlindungan hukum kepada pasangan gay dalam serikat sesama jenis, tetapi itu mengacu pada ranah sipil, bukan di dalam gereja. (ap/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2