Sepanjang Nafas, Lagu Baru Ria Prawiro Yang Bikin Meleleh - Waspada

Sepanjang Nafas, Lagu Baru Ria Prawiro Yang Bikin Meleleh
Dibawakan Mark Pattie

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Pertengahan tahun ini, penulis lagu sekaligus produser, Ria Prawiro bersama Kariza Productions merilis lagu ‘Tetap Cinta’. Dinyanyikan Mark Pattie, lagu ini ternyata mendulang hasil yang mengejutkan sekaligus menggembirakan.

“Puji Tuhan, kami cukup happy melihat athusias masyarakat lewat tayangan video musik Tetap Cinta di YouTube maupun penayangan di Spotify,” ujar Ria dalam wawancara via Zoom, Senin (15/11).

Masih menurut Ria, angka 175.000 lebih viewers di YouTube yang diraih “Tetap Cinta” agak mengejutkan, terlebih lagu itu beredar di tengah masa pandemik.

“Mungkin, karena masyarakat lebih banyak tinggal di rumah, jadi ada waktu untuk nonton YouTube,” sambung Ria, seraya tertawa ringan.

*Sepanjang Nafas, Simple tapi Mahal*

Karena sukses itu pula, Ria Prawiro tanpa ragu menyerahkan lagu baru untuk dinyanyikan lagi oleh Mark. Ria melibatkan Gihon Lahonda selaku Music Producer dengan aransemen dipegang Juan Mandagie.

Sebagai penyanyi, Mark mengaku bersyukur, ia kembali dipercaya untuk menyanyikan lagu Sepanjang Nafas.

“Saya seperti mendapat anugerah dari Tuhan sekaligus tantangan memasuki industri musik Indonesia. Ini berkat luar biasa dari Tuhan, karena dalam waktu setahun bisa merilis dua single. Dan Tuhan percayakan ini untuk aku dan Kariza Productions,” ungkap pria kelahiran Jakarta, 20 Maret 1997 ini.

Menurut Mark, lagu “Tetap Cinta” dan “Sepanjang Nafas”, karya Ria Prawiro seperti dua lagu yang berkesinambungan. Dan Mark memuji, penulisan lirik “Sepanjang Nafas” yang menurutnya terdengar semakin manis.

Mark sendiri menyukai bagian refrain, karena di situlah kekuatan lagu “Sepanjang Nafas” .

“Terdengar mahal banget. Kasih sepanjang nafasku, Janjiku kan abadi, Kau milikku, Kau cintaku. Itu enak banget. Itu mahal banget. Saya percaya dari situ, banyak hati yang meleleh,”ungkap Mark tertawa

Pada saat rekaman, ‘Sepanjang Nafas’, Mark mengaku membutuhkan upaya ekstra keras untuk meredam emosinya dalam bernyanyi.

Bahkan, sebelum masuk studio, ia mengaku berulang ulang menanamkan dalam benak, untuk bernyanyi dengan rileks.

Maklum, selaku penyanyi RnB, ia memiliki teknik vokal yang tidak hanya punya range yang cukup luas, tapi juga andal memainkan riffs and runs, salah satu aspek fundamental di genre tersebut.

“Lagu ini nggak perlu ditambahkan sesuatu kreasi dari vocal saya. Lagu ini hanya perlu saya bernyanyi dengan manis,” ungkap Mark yang bercita cita besar ingin lagunya dikenal sampai ke luar negeri.
“Setidaknya ke Amerika dan Eropa,” katanya mengungkap impian.

Ria Prawiro menyetujui pernyataan Mark, soal meredam emosi untuk menyanyikan lagu baru itu.

“Ketika lagu ini selesai direkam, saya coba mendengarkan malam-malam. Saya dengerin, saya merasakan, Mark menyanyikannya masih kurang datar. Masih kurang lirih. Makanya, saya kemudian minta Mark melakukan retake lagu ini sekali lagi,” ujar Ria.

Video Musik ‘Sepanjang Nafas’ digarap menyesuaikan konsep lagu yang simple.

“Kami sengaja tidak menggunakan story line seperti ketika membuat video “Tetap Cinta”. Video music dari lagu baru ini, kami rancang simple dan clean. Hanya memperlihatkan Mark sedang menyanyi di antara tangga, kayu, bangunan-bangunan, wajah pemeran perempuan dalam video itu pun tak kelihatan utuh!” ungkap Ria.(J02)

  • Bagikan