Waspada
Waspada » “Sang Kakek” Dari Parapat, Persembahkan “Flores Meets Batak”
Hiburan

“Sang Kakek” Dari Parapat, Persembahkan “Flores Meets Batak”

JAKARTA ( Waspada) Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang masih belum menunjukkan trend penurunan berdampak sangat besar terhadap perekonomian masyarakat. Tak terkecuali bagi seniman -seniman Batak di Jakarta, keadaan ini merupakan pukul yang sangat berat. Bukan hanya tertutupnya peluang untuk manggung, tapi juga banyaknya acara acara budaya sebagai panggung bagi seniman mendapatkan rezeki sudah sangat minim. Pasalnya akibat pandemi ini, aula-aula tepat masyarakat menggelar pesta juga terkena pembatasan dan penerapan protokol kesehatan.

Melihat kondisi ini, putra kelahiran kota toris Parapat yang berprofesi sebagai pengacara Aldentua Siringo-ringo mengambil langkah berani dengan tampil sebagai YouTuber dengan mengusung tema jenaka. Sang Kakek (Aldentua Siringo-ringo) menyampai masyarakat melalui dialog ringan tentang isu-isu yang hangat terjadi di tengah masyarakat.

Keadaan yang memprihatinkan dikalangan seniman Batak ini juga mendorong Aldentua melalui Sang Kakek Network- nya untuk berpikir bagaimana caranya membuat musik etnik menjadi tuan rumah di negeri sendiri? Bagaimanakah kita memberi kesempatan kepada seniman musik etnik untuk bisa eksis dan bisa menjalani kehidupan di masa pandemi? Jawabnya adalah berilah mereka tampil di panggung, ujar Aldentua Siringo-ringo kepada Waspada melalu komunikasi WhatsApp, Rabu (10/2) di Jakarta.

Kali ini Sang Kakek Network dengan bangga mempersembahkan “Flores Meets Batak” yang merupakan sebuah acara dengan konsep kolaborasi musik etnik Flores dengan musik etnik Batak yang akan dilakukan 14 Pebruari 2021 di Livenex dengan menampilkan seniman ternama dari Flores dan Batak, seperti Ivan Nestorman, Lamtama Trio, dan Hardoni Sitohang.

Menurut Aldentua, yang juga pendiri dan pembina Komunitas Gondang Saurdot (KGS), dia mengajak masyarakat untuk saling dukung dan selalu mencintai budaya walaupun ditengah pandemi. Dan tentu saja, tegas Aldentua, acara “Flores Meets Batak” sebagai upayamengembangkan budaya Indonesia dan semua dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Agar para seniman ini dapat panggung di negeri sendiri, harapan kita tentu dukungan penuh dari masyarakat luas. ” Dukunglah dengan menonton “Flores Meets Batak” secara live pada Minggu 14 Februaru 2021, mulai pukul 16.00 Wib, imbau Aldentua.

Dukungan masyarakat, ujar Aldentua akan sangat berarti bagi kehidupan seniman musik etnik dan menjadikan musik etnik merdeka dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ayo dukung panggung musik etnik dengan menonton acara ini. Salam hormat Sang Kakek Network, ajak Aldentua Siringoringo alumni Fakultas Hukum dari Universitas Sumatera Utara. ( J05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2