Ratu Larang Harry-Meghan Gunakan Merek 'Sussex Royal' - Waspada

Ratu Larang Harry-Meghan Gunakan Merek ‘Sussex Royal’

  • Bagikan

Ratu Elizabedth II melarang keras Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, untuk menggunakan label ‘Sussex Royal’ setelah mereka memutuskan mundur dari anggota aktif kerajaan Inggris.

Setelah pembicaraan panjang dan rumit, Ratu dan pejabat senior diyakini sepakat bahwa pasangan bergelar Duke dan Duchess of Sussex itu tidak lagi dapat mempertahankan kata ‘kerajaan’ untuk brand mereka.

Padahal, Harry dan Meghan telah menghabiskan puluhan ribu poundsterling untuk situs web Sussex Royal baru, melengkapi akun Instagram mereka yang sangat populer. Mereka juga sebelumnya telah berupaya mendaftarkan Sussex Royal sebagai merek dagang global untuk berbagai barang dan kegiatan, termasuk pakaian, alat tulis, buku, dan bahan ajar.

Selain itu, mereka mengambil langkah-langkah mendirikan organisasi amal baru: Sussex Royal, Foundation of Duke dan Duchess of Sussex. Kini sudah jelas bahwa mereka perlu melakukan ‘branding’ ulang.

Sejak usia dini, Harry dibesarkan dengan ‘label’ yang menentukan keberadaannya. Hal itu membuatnya sadar bahwa nama ‘Sussex Royal’ akan mudah melekat di publik.

Kekayaan Intelektual

Menurut Daily Mail, Rabu (19/2/2020), terkait definisi apa yang termasuk dan tidak dalam ‘label kerajaan’ tak hanya masalah kemauan Ratu Elizabeth, namun juga diatur beberapa undang-undang, termasuk Undang-Undang Merek Dagang 1994 hingga Konvensi Paris untuk Perlindungan Properti Industri tahun 1883. Pasangan itu tidak bertarung dengan penguasa Inggris, tetapi dengan hukum negara.

Sejak dulu, orang berusaha mencari keuntungan dengan koneksi kerajaan, itulah sebabnya sejak lama ada aturan ketat yang mengatur segala sesuatu mulai dari penggunaan Royal Arms hingga penggunaan mahkota pada paket sereal. Ini bukan soal monarki tak setuju dengan fasilitas swasta, ini tentang melindungi publik dari penipuan dan kesalahan representasi.

Harry dan Meghan tahu soal pentingnya perlindungan merek, itulah sebabnya mereka sibuk mendaftarkan ‘Sussex Royal’ untuk setiap jenis potensi penggunaan komersial.

Dengan demikian, mereka tidak bisa protes ketika Ratu Elizabeth II dan pejabatnya, mewakili institusi yang melindungi labelnya sendiri selama berabad-abad, menetapkan apa yang merupakan hukum guna melindungi ‘kekayaan intelektual’ mereka sendiri. (daily mail/And)

 

  • Bagikan