Waspada
Waspada » Parasite Diprediksi Sabet Enam Oscar
Hiburan

Parasite Diprediksi Sabet Enam Oscar

Salah satu adehan dalam film Parasite. Daily Lobo

Film  Parasite digadang-gadang menorehkan sejarah di ajang Academy Awards 2020. Film arahan Bong Joon-ho itu diharapkan cukup tangguh untuk melawan para rivalnya di enam kategori.

Bagi sejumlah pihak, kemenangan Parasite sangat penting karena dianggap bisa menjadi tiang harapan Asia juga perfilman dunia untuk mendobrak Oscar yang selama ini kerap dituding terlalu berpihak pada golongan tertentu.

Secara keseluruhan, Parasite menembus enam kategori Oscar, yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Berbahasa Asing Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Penyuntingan Film Terbaik.

Sepanjang sejarah, dari lima film Asia yang sebelumnya masuk nominasi Film Terbaik di Oscar, belum satupun piala dibawa pulang ke kawasan. Kini, di kategori Film Terbaik, Parasite bersaing dengan sejumlah film Hollywood, seperti Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, 1917, dan Once Upon a Time in Hollywood.

Laju Parasite di kategori ini terbilang cukup berat. Film 1917 sebelumnya telah mengantongi penghargaan utama Film Terbaik di dua ajang bergengsi, yakni British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) dan Golden Globes 2020.

Sementara itu, Parasite hanya masuk nominasi Film Terbaik di BAFTA. Untuk Golden Globes, Parasite bahkan tak masuk bursa Film Terbaik karena berbahasa asing.

Masuk ke kategori Film Berbahasa Asing Terbaik Oscar 2020, Parasite berlaga dengan sejumlah film dari kawasan Barat, seperti Corpus Christi (Polandia), Honeyland (Macedonia Utara), Les Misérables (Prancis), serta Pain and Glory (Spanyol).

Di kategori ini, Parasite kemungkinan unggul karena sebelumnya film itu memenangkan kategori serupa di ajang bergengsi lain, seperti BAFTA dan Golden Globe 2020.

Sepanjang sejarah Oscar, hanya enam film Asia lainnya yang menang dalam kategori tersebut. Trofi kategori itu paling banyak diberikan untuk karya dari wilayah Eropa yang mencapai 57, sementara kawasan Amerika lainnya di angka lima, dan Afrika hanya tiga. (variety/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2