Waspada
Waspada » Nomadland Borong Oscar Di Academy Awards Ke-93
Hiburan

Nomadland Borong Oscar Di Academy Awards Ke-93

Sutradara Chloe Zhao (kiri) bersama aktris Frances McDormand saat syuting film Nomadland. Film ini keluar sebagai film dengan penghargaan paling banyak di ajang Piala Oscar 2021. AP

LOS ANGELES, AS (Waspada): Film Nomadland keluar sebagai film dengan penghargaan paling banyak di ajang Piala Oscar 2021. Film yang mengisahkan kehidupan para pengembara ini mendapat tiga penghargaan yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktris Utama Terbaik lewat Frances McDormand.

Mengutip laman Variety, Senin (26/4/2021), di ajang Academy Awards ke-93 ini Nomadland mampu meraih kategori Film Terbaik dan mengalahkan nominasi lainnya diantaranya The Father, Judas and the Black Messiah, Mank, Minari, Promising Young Woman, Sound of Metal dan The Trial of the Chicago 7.

Selain Film Terbaik, pemeran utamanya, Ia mengalahkan nomine lain yakni Viola Davis (Ma Rainey’s Black Bottom), Andra Day (The United States v. Billie Holiday), Vanessa Kirby (Pieces of a Woman) dan Carey Mulligan (Promising Young Woman).

Sutradara Chloe Zhao bersama aktris Frances McDormand. AP

Tak hanya itu, Lewat kemenangan ini Chloé Zhao menjadi sutradara wanita kedua dan wanita kulit berwarna pertama yang memenangkan kategori sutradara terbaik dalam 93 tahun sejarah Oscar.

Film Nomadland bercerita tentang Fern (Frances McDormand) yang mengalami masa-masa sulit setelah kematian suaminya. Situasi kian parah karena ia tak lagi memiliki pekerjaan setelah pabrik gipsum di kotanya tutup.

Sebagai seorang perempuan yang tidak lagi muda, Fern kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Ia pun memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya dan membeli mobil RV untuk pindah ke kota lain demi mendapatkan kehidupan baru yang lebih indah.

Tanpa ada kawan, Fern berkeliling ke sejumlah negara bagian untuk mencari pekerjaan baru. Suatu hari, Fern akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pekerja musiman di gudang Amazon selama musim dingin.

Lewat seorang rekan, Fern kemudian mendapat undangan untuk datang ke pertemuan musim dingin gurun pasir di Arizona yang diselenggarakan oleh Bob Wells. Acara itu merupakan ajang pertemuan untuk komunitas sesama pengembara.

Film Nomadland diadaptasi dari buku non-fiksi bertajuk Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karya Jessica Bruder. Film ini tayang perdana pada 11 September 2020 di Festival Film Venesia dan memenangkan penghargaan Golden Lion.

Selain unggul di ajang Oscar 2021, Nomadland juga berhasil membawa pulang penghargaan Film Drama Terbaik di ajang Golden Globe 2021. Nomadland mengalahkan empat film lain, yaitu The Father, Promising Young Woman, The Trial of the Chicago 7, juga Mank.

Berkat Nomadland, Chloé Zhao dinobatkan sebagai sutradara terbaik di Golden Globes tahun ini. Dengan kemenangan ini, Zhao resmi menjadi sutradara perempuan pertama keturunan Asia yang menerima Golden Globe.

Sebelumnya, film garapan Chloé Zhao ini juga berhasil memenangkan empat kategori di ajang penghargaan British Academy Film Awards 2021. (variety/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2