Waspada
Waspada » Menjalankan Pesawat Sembarangan, Harrison Ford Berurusan Dengan Polisi
Hiburan

Menjalankan Pesawat Sembarangan, Harrison Ford Berurusan Dengan Polisi

Harrison Ford dalam pesawat miliknya. Daily Mirror

LOS ANGELES, AS (Waspada): Aktor kenamaan Hollywood, Harrison Ford, dilaporkan menjalani penyelidikan terbuka karena menjalankan pesawat di landasan kala pesawat lain akan melakukan manuver lepas landas.

Kejadian itu menjadi kasus teranyar dari sang Indiana Jones terkait kesalahan dalam hobi penerbangan miliknya. Petugas penyidik Federal Aviation Administration (FAA) menyebut Ford salah mendengar instruksi petugas lalu lintas udara.

Meski melanggar aturan, insiden yang terjadi pada Jumat (24/4) lalu itu tidak mengakibatkan kerusakan. “FAA tengah menyelidiki sebuah insiden pilot dari Aviat Husky meluncur di landasan.. ketika pesawat lainnya tengah bersiap melakukan touch-and-go landing,” kata Federal Aviation Administration dalam pernyataannya kepada AFP.

Kedua pesawat itu sendiri terpisah 3.600 kaki kala insiden terjadi di Bandara lokal Los Angeles. Touch-and-go Landing merupakan manuver pesawat jelang lepas landas dengan mendarat terlebih dahulu, baru terbang kembali.

Ford disebut telah diberi instruksi berhenti kala pesawat lain jelang mendarat pertama dan segera bersiap lepas landas, namun pemeran Han Solo itu justru menyelonong masuk ke landasan. “Maafkan saya pak, saya kira sebaliknya. Saya sungguh minta maaf,” kata Harrison Ford dalam rekaman suara.

Pada 2017, Harrison Ford terhindar dari hukuman atas insiden penerbangan yang nyaris terjadi di bandara California Selatan. Kala itu, Ford secara tak sengaja ‘salah parkir’. Dia mendaratkan pesawat dengan model yang sama di taxiway alih-alih di runway, melewati Boeing 737 dengan 110 penumpang dan enam kru di dalamnya.

Dua tahun sebelumnya lagi, Ford melakukan pendaratan darurat setelah mengalami kerusakan mesin pada pesawat peninggalan Perang Dunia II. Ia menabrak pohon dan lapangan golf, juga di California.

Dalam insiden tersebut, Ford mengalami sejumlah cedera, termasuk patah pergelangan dan rongga panggul. Harrison Ford pertama kali mengambil pelajaran penerbangan saat duduk di bangku kuliah, lalu berhenti karena masalah keuangan. Ia kemudian melanjutkan kembali kala sudah menjadi bintang besar.

Kini dengan izin terbang bertahun-tahun yang telah ia kantongi, Ford memiliki sejumlah pesawat terbang, dari pesawat dengan dua bangku hingga corporate jet. Perwakilan Harrison Ford mengatakan kepada AFP bahwa “tak pernah ada bahaya tabrakan” dalam insiden teranyar ini. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2