Komik Langka Tintin Diprediksi Akan Memecahkan Rekor Termahal - Waspada

Komik Langka Tintin Diprediksi Akan Memecahkan Rekor Termahal

  • Bagikan
Komik petualangan Tintin berjudul The Blue Lotus yang diperkirakan akan mencetak rekor penjualan komik termahal sepanjang sejarah. AP

Waspada –  Komik petualangan si reporter Belgia, Tintin, selalu menarik balai pelelangan internasional.

Di tengah situasi pandemi, komik langka Tintin yang diciptakan oleh Herge akan dijual pekan ini dan diprediksi bakal memecahkan rekor seni komik termahal sepanjang sejarah.

Komik yang dijual berasal dari tahun 1936 yang menjadi sampul bagi The Blue Lotus. Sampulnya dibuat dengan tinta, guas, dan cat air Tiongkok dan merupakan volume kelima dari petualangan jurnalis asal Belgia tersebut.

Sampul komik Tintin menjadi langka karena tidak pernah ada di rak toko buku mana pun karena harganya dinilai terlalu mahal untuk didistribusikan secara massal.

Pakar komik di Balai Lelang Art Curial, Eric Leroy, menuturkan demi terciptanya sampul komik The Blue Lotus penerbit harus melakukan proses pencetakan empat warna dengan tambahan warna lainnya.

“Mereproduksi seni sampul ini akan meningkatkan biaya produksi,” kata Leroy, dilansir kantor berita Associated Press, Kamis (14/1/2021).

Seperti judul komiknya, The Blue Lotus, Tintin diceritakan berada di Asia. Di sampulnya digambarkan ada seekor naga merah besar muncul di latar belakang hitam dan Tintin tampak ketakutan.

Dalam komik The Blue Lotus, Tintin melakukan perjalanan ke China selama invasi Jepang di 1931.

Kedatangan Tintin untuk menyelidiki dan mengekspos kasus jaringan mata-mata Jepang, jaringan penyelundupan narkoba, dan kejahatan lainnya.

Tintin datang ke Jepang bersama anjingnya yang bernama Snowy. Jelang pelelangan, berbagai isu muncul mengenai sampul The Blue Lotus.

Media Prancis memberitakan tentang asal muasal karya tersebut, apakah itu hadiah untuk putra pencetak Tintin atau gambar yang tidak pernah dikembalikan kepada senimannya.

“Kami memprediksi karya seni ini akan memecahkan rekor. Herge hanya membuat lima sampul komik menggunakan teknik pewarnaan langsung, dan itu sangat jarang terjadi,” tukas Leroy. (associated press/m11)

  • Bagikan